[Ngobras] Jadi Jagoan Bisnis Bareng Entrepreneur Corner

Selamat Pagi, Siang, Sore dan Malam Juragans!


NGOBRAS (Ngobrol Bareng Komunitas) edisi Mei ini bakalan ngebor dalem-dalem mengenai wirausaha dengan komunitas yang pastinya pakar dalam bidang ini, mereka adalah :
Entrepeneur Corner!



Halo Gan, apa kabar?
Baik Gan, mudah-mudahan semakin sukses lagi hehehe


Ceritain dong tentang forum Entrepeneur Corner (EC)?
Nah ceritanya waktu itu tahun 2010 belum ada ruang khusus untuk para entrepreneur di Kaskus tercinta ini Gan, karena banyaknya Kaskuser yang membutuhkan ruang untuk bisa berdiskusi antar entrepreneur, nah itulah yang mendasari terbentuknya EC waktu itu.


Topik apa aja yang paling rame direspon di Entrepeneur Corner?
Kalo topic-topik yang paling rame direspon di EC itu sih beragam Gan, biasanya yang kita paling banyak obrolin dan diskusiin sih di Sticky sama moderator di page one Gan.


Bisnis seru atau unik apa yang pernah dibahas di Entrepeneur Corner?
Banyak banget bisnis seru dan unik Gan, ada yang ngobrolin bisnis makanan, bisnis peralatan beladiri yang sampe masuk majalah dan tv, sampe bisnis toys yang omzetnya sampai puluhan juta sebulan Gan! Pokoknya banyak banget dan rugi banget kalo ga nongkrong di EC deh!


Wow, gitu ya. Keren juga! Nah, sekarang kira-kira sudah berapa banyak member dari Entrepeneur Corner?
Dari segi jumlah member yang sharing dan ngobrol-ngobrol itu mungkin kira-kira jumlahnya diatas seribu member Gan.


Seberapa sering EC mengadakan gathering? Ceritain dong tentang gathering yang pernah diadain? (Berapa banyak yang hadir, lokasi, dsb)

Kalau untuk gathering EC sendiri kita eventnya tahunan Gan, sejauh ini kita udah sampai gathering yang ke-3 kalinya tahun 2012 kemarin. Event pertama gathering EC di Jakarta akhir tahun 2010, awalnya itu pesertanya itu awalnya 30 orang karena memang target awalnya gathering kecil-kecilan tapi ternyata pesertanya membeludak jadi 60 orang dan akhirnya dibikinlah gathering yang lebih serius dengan pembicara utama di depannya, lalu setelah itu dibagi perkelompok sesuai bidang bisnisnya dan saat itu diliput Majalah Duit.

Untuk Gathering Akbar kedua diadakan di Jakarta juga waktu itu akhir tahun 2011 di Pan n Cook. Nah di gathering kedua ini koordinasinya lebih baik karena sudah ada pengalaman dari gathering sebelumnya. Untuk jumlah pesertanya sendiri lebih dari 100 orang dan temanya “Leveling Up Your”. Seperti biasanya setelah acara utamanya itu dilakukan acara ramah tamah saling mengenal satu sama lain untuk nambah relasi (networking).

Untuk gathering ketiga kemarin akhir tahun 2012 kita adakan di Legian, Bali dengan persiapan yang lebih matang dari teman-teman ExBC (Exclusive Business Club) Bali dan dengan konsep yang lebih seru dan lebih mantap dengan tema “Extrempreneurship”. Untuk gathering ketiga ini puji syukur kita di sponsori oleh Acer Indonesia dan disupport juga oleh Marketeers Magz dan Harian Bisnis Lokal di Bali sehingga acara berlangsung sangat seru karena selain lokasinya yang sangat prestisius di salah satu hotel yang cukup terkenal di tingkat Internasional juga para pembicaranya masih muda–muda dibawah 30 tahun dan omzetnya dari ratusan juta sampai miliaran perbulan.


Apa tantangan yang paling sering muncul dalam membangun usaha di Indonesia?
Untuk tantangan sendiri menurut saya itu tergantung pribadinya masing-masing gan. Tapi yang saya lihat sih masih banyak yang terkendala di permodalan dana. Untuk start-up bisnis biasanya yang sangat berperan dalam kelanggengan usahanya yaitu passion dan kemauan untuk ACTION!


Seberapa penting modal keuangan dalam menentukan kesuksesan berwirausaha?
Menurut saya modal keuangan itu kurang begitu berperan dalam menentukan kesuksesan berwirausaha, yang paling penting itu PASSION, ACTION, FOCUS. Banyak start-up yang menyerah di 5 tahun pertama karena mereka biasanya kehilangan PASSION dan FOCUS nya. Padahal banyak kisah yang menunjukkan bahwa terkadang saat kita menyerah, kesempatan untuk sukses sudah sangat dekat. Sedangkan dari sisi modal itu saat ini sudah banyak dana bantuan untuk para start-up dan terkadang bisa juga didapatkan dari investor atau pinjaman dari bank Gan.


Hal-hal apa nih yang pengen Entrepreneur Corner lakuin kedepannya?
Untuk kedepannya Entrepreneur Corner mudah-mudahan bisa menjadi pusat diskusi dan ngobrol para entrepreneur Indonesia dari seluruh dunia. Dengan semakin banyaknya member yang tergabung, peluang bisnis yang bisa dijalin antar entrepreneur semakin banyak dan bukan tidak mungkin ke depannya dari Entrepreneur Corner dilahirkan pemimpin-pemimpin yang mumpuni di bidangnya di Indonesia.


Gimana cara antisipasi temen-temen di Entrepreneur Corner untuk menghindari penawaran kerjasama & investasi bodong?
Untuk mengantisipasi penawaran kerjasama dan investasi bodong di EC saat ini sudah ada pengelola di room 466 yang mengawasi, sehingga mengurangi kemungkinan penipuan. Untuk lebih baiknya sih sebelum berinvestasi kita harus kenal cukup dekat dengan calon pengelola investasi dan kerjasama tersebut. Hal ini biasanya lebih mengurangi kemungkinan penipuan. Tapi selama ada kesempatan, tidak dipungkiri juga adanya peluang terjadinya penipuan.


Sesuai dengan tema KASKUS bulan ini yang mengangkat tentang Ayo Wirausaha, menurut Agan seberapa penting sih buat wirausaha untuk bangsa Indonesia?
Menurut saya wirausaha itu sangat penting untuk melihat seberapa besar tingkat kesejahteraan masyarakat suatu bangsa, coba deh kita lihat salah satu negara dengan persentase entrepreneur yang besar di dunia yaitu Singapura. Negara yang jauh lebih kecil dari Indonesia dengan kekayaan alam yang bisa dibilang jauh sangat sedikit dibanding Indonesia namun tingkat kesejahteraan rakyatnya cukup tinggi dan bahkan menjadi pusat bisnis di Asia Tenggara. Hal ini dikarenakan banyaknya entrepreneur di sana. Coba kita bayangkan jika di Indonesia banyak orang yang berwirausaha, bisa dipastikan Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat dipertimbangkan keberadaannya di dunia.


Apa pesan rekan-rekan Entrepeneur Corner untuk Kaskuser yang ingin memulai wirausaha?
Untuk mulai berwirausaha, kalau sudah ketemu idenya dan sudah cukup mendapat informasi bisnis yang ingin dijalankan, langsung aja ACTION Gan, gak pake lama!


Terimakasih Gan! Salam untuk temen-temen lainnya ya!
Sama-sama gan, Sukses buat KASKUS kita tercinta ini juga!






Nama Komunitas :
Entrepreneur Corner
Berdiri Sejak :
Link Forum: Entrepreneur Corner
Moderator: [Shadow]Lenz, bennq, ekadp

SOURCE: www.kaskus.co.id

0 komeng:

Posting Komentar