Gempa 7.0 SR Mengguncang Sichuan, 72 Dikabarkan Tewas

Quote:China Dilanda Gempa 7 SR, Dikabarkan 72 Orang Tewas

Spoilerfor HT #1, thx mimin:


Quote:

Beijing - Gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter (SR) melanda wilayah Sichuan, China bagian barat daya. Dikabarkan, gempa ini menewaskan 72 orang dan melukai sedikitnya 600 orang lainnya.

Badan seismologi setempat mencatat, gempa bumi ini berkekuatan 7 SR. Sedangkan Survei Geologi AS (USGS) mencatat gempa ini berkekuatan 6,6 SR. Pusat gempa berada pada kedalaman 12 km dari permukaan air laut.

Gempa ini terjadi pada pukul 08.00 waktu setempat. Banyak warga setempat yang masih bersantai di rumah masing-masing. Warga yang panik pun tampak berlarian ke jalanan, bahkan beberapa masih mengenakan piyama tidur mereka.

Jumlah korban tewas maupun luka akibat gempa ini masih simpang siur. Namun media setempat, CCTV melaporkan, 72 orang tewas akibat gempa ini.

"Gempa bumi di wilayah Ya'an, Lushan, dikhawatirkan melukai atau menewaskan ratusan orang," demikian pernyataan biro gempa bumi Sichuan, seperti dikutip situs pemerintah dan dilansir AFP, Sabtu (20/4/2013).

USGS sendiri memperkirakan, gempa ini memakan banyak korban karena pusatnya yang berada di lokasi cukup dangkal. Diperkirakan juga, gempa ini memicu kerusakan besar di wilayah Sichuan.

"Insiden sebelumnya dengan level yang sama, memerlukan penanganan hingga tingkat nasional atau internasional," imbuh USGS.

Getaran gempa ini dirasakan hingga ke wilayah Chongqing, yang berjarak ratusan kilometer dari Sichuan. Kantor berita Xinhua melaporkan, sebanyak 2.000 tentara diterjunkan ke lokasi gempa untuk membantu para korban. Warga setempat menuturkan, gempa ini mengguncang barang-barang yang ada di kediaman mereka dan membuat mereka panik.



Quote:Original Posted By farhan ?
tambahan videonya gan





sumber : detiknews..com

Semoga bermanfaat gan
mohon

SOURCE: www.kaskus.co.id

0 komeng:

Posting Komentar