Yuk intip sejarah konsol Nintendo!

HOT THREAD!!

Quote:


Siapa sih yang gak kenal nama "NINTENDO"?
Dari kakek kita, sampai anak kita, kemungkinan tau nama NINTENDO.

Bagi yang seumuran ane, mungkin nama Nintendo punya kenangan tersendiri karena game-gamenya yang seru dan keren di masanya

Sampai sekarang Nintendo adalah salah satu perusahaan yang eksis bikin konsol gaming; bahkan saking eksisnya, Nintendo adalah satu-satunya perusahaan pembuat konsol yang tertua di dunia. Selain menjadi pembuat konsol tertua di dunia, Nintendo juga memiliki beberapa seri game yang paling lama seperti Donkey Kong (1981-sekarang), Mario (1982-sekarang), dan The Legend of Zelda (1986-sekarang).

Nintendo didirikan tahun 1889 di Kyoto, Jepang oleh Fusajiro Yamauchi; awalnya sebagai perusahaan pembuat kartu, mereka baru membuat konsol gaming pada tahun 1977.
Saat ini, terdapat beberapa tokoh di Nintendo, yaitu Satoru Iwata (Global President), Shigeru Miyamoto (EAD Ganeral Manager), Reggie Fils-Aime (President Nintendo of America), dan Satoru Shibata (President Nintendo of Europe)

Spoilerfor Iwata, Miyamoto, Reggie, Shibata:
Quote:

Quote:Satoru Iwata (kiri) & Reggie Fils-Aime (tengah) sedang berpose, terlihat Shigeru Miyamoto (belakang) ikut berpose di dalam tong di belakang (E3 2012)

Satoru Shibata (gambar bawah) berpose seperti Phoenix Wright (karakter utama seri Ace Attorney) saat Nintendo Direct pada 7 Agustus kemarin


Sebenernya Nintendo gak cuma bikin konsol, tapi bikin handheld juga (Game Boy, GBC, GBA, DS, 3DS), tapi kalai ini ane cuma au bahas tentang konsol Nintendo

Penasaran seperti apa pengalaman Nintendo di dunia konsol gaming? Cekidot deh

==================================

Color TV Game
(1977-1980)
Quote:Quote:
Quote:Hayo, pasti kebanyakan gak familiar dengan nama ini? Santai aja, ane juga awalnya gak tau nama ini.

Color TV Game adalah "konsol" pertama buatan Nintendo, konsol ini dibuat dalam 6 macam, yaitu Color TV-Game 6, Color TV-Game 15, Color TV-Game 112, Color TV-Game Block Breaker, dan Computer TV-Game.
Konsol ini hanya dirilis di Jepang, jadi gak heran kalau sedikit orang non-Jepang yang tau mengenai konsol ini.

Color TV Game terjual sebanyak sekitar 3 juta unit, dan dihentikan produksinya pada tahun 1980



Nintendo Entertainment System (NES) / Family Computer (Famicom)
(1983-2003)
Quote:Quote:
Quote:Nah, NES/Famicom mungkin jadi konsol pertama yang dikenal orang-orang di luar Jepang, termasuk Indonesia.

Dibuat pada tahun 1983, pada awalnya Family Computer (Famicom) dirilis di Jepang sana berbarengan dengan tiga game yaitu Donkey Kong, Donkey Kong Junior, dan Popeye. Dua tahun kemudian, 1984, Famicom dirilis di Amerika Serikat, dengan nama Nintendo Entertainment System (NES); pada tahun 1986, NES pun dirilis di wilayah Eropa.

NES terkenal dengan warna khasnya yaitu abu-merah (putih-merah di Jepang), dan kontrolernya yang berbentuk kotak dengan tombol A-B, Start-Select, dan tombol 4 arah.
Penjualan NES di dunia internasional bisa dibilang sangat fenomenal pada jamannya, yaitu sebanyak 61,91 juta unit.

Walaupun produksinya sudah dihentikan pada tahun 1995 (2003 di Jepang), hingga saat ini orang-orang masih dapat merasakan bermain NES, baik melalui konsol "jadi-jadian" yang meng-kopi NES, Emulator NES, dan Virtual Console di Wii/Wii U/3DS.
Spoilerfor NES jadi-jadian:
Quote:
Quote:PolyStation, salah satu NES jadi-jadian yang ada di pasaran; walaupun berbentuk PlayStation One, konsol ini sebenarnya adalah NES yang dibuat pihak lain secara tidak resmi

Spoilerfor Emulator NES:
Quote:
Quote:FCEUX, salah satu emulator NES yang terkenal untuk Windows/Mac/Linux


Untuk urusan game, NES memiliki beberapa game terkenal, mulai dari game first-party seperti Mario, Zelda, Metroid, hingga game third-party seperti Megaman.
Super Mario Bros., Super Mario Bros. 2, dan Super Mario Bros. 3 adalah tiga game dengan penjualan tertinggi, masing-masing sebesar 40,23 juta kopi, 10 juta kopi, dan 18 juta kopi.

Super Mario Bros.
Spoilerfor mario:


Metroid
Spoilerfor metroid:


The Legend of Zelda
Spoilerfor zelda:


Duck Hunt
(mainnya pakai Zapper alias tembakan)
Spoilerfor duck:


Megaman
Spoilerfor megaman:



Super Nintendo Entertainment System (SNES) / Super Family Computer (Super Famicom)
(1990-2003)
Quote:Quote:
Quote:Dikenal sebagai SNES di dunia internasional, dan Super Famicom di negara asalnya, kedua konsol ini bisa dibilang sebagai versi upgrade konsol sebelumnya (NES/Famicom). SNES/Super Famicom dirilis pada tahun 1990 di Jepang, dan 1991 di Amerika Serikat (kemudia 1992 di Eropa),

SNES merajai persaingan konsol 16-bit di jamannya, tentu saja dengan persaingan ketat dari Sega Genesis/Megadrive dan Neo-Geo.
Dari segi penjualan, SNES terjual sebanyak 49,10 juta unit di seluruh dunia, dan berada di peringkat ke-3 dari daftar konsol Nintendo paling laris (ke-1 Wii, ke-2 NES).

Dari bentuk kontroler, SNES memiliki perubahan signifikan dari pendahulunya; fisiknya berubah menjadi lebih bulat di ujung kiri-kanan, dan terdapat tambahan tombol sehingga menjadi A-B-X-Y, Start-Select, dan 4 tombol arah.
Kontroler SNES inilah yang kelak akan menjadi dasar penempatan tombol pada konsol-konsol modern baik dari Nintendo sendiri dan perusahaan lain seperti Sony PlayStation dan Microsoft Xbox.
Spoilerfor kontroler:
Quote:


Quote:Kontroler SNES, PlayStation 3, dan Xbox 360; hingga saat ini, Sony & Microsoft menggunakan layout kontroler SNES pada konsol mereka (dengan nama tombol yang berbeda; kotak-segitiga-bulat-x pada konsol Sony dan Y-X-A-B pada konsol Microsoft), tentu saja dengan tambahan lain seperti teknologi wireless, analog, dan "shoulder button" (R1-R2-L1-L2 pada PlayStation atau RB-RT-LB-LT pada Xbox


Produksi SNES dihentikan pada tahun 1999 (2003 di Jepang), namun di masanya, SNES masih dapat bersaing dengan konsol-konsol di era 32-bit. Tentu saja, permainan SNES pun masih bisa dimainkan melalui emulator SNES.
Spoilerfor emulator SNES:
Quote:
Quote:SNES9x, salah satu emulator SNES yang terkenal


Untuk urusan game, SNES memiliki beberapa game terkenal, baik dari seri Mario, Zelda, dan Metroid, hingga seri lain seperti Harvest Moon dan Doom.
Tiga game dengan penjualan tertinggi di SNES adalah Super Mario World, Donkey Kong Country, dan Super Mario Kart, dengan penjualan masing-masing 20,60 juta kopi, 9 juta kopi, dan 8 juta kopi

Super Mario World
Spoilerfor marioworld:


Super Mario Kart
Spoilerfor mariokart:


Star Fox
Spoilerfor starfpx:


Super Metroid
Spoilerfor metroid:


Harvest Moon
Spoilerfor harvestmoon:




Nintendo 64 (N64)
(1996-2003)
Quote:Quote:
Quote:Sesuai namanya, N64 adalah konsol Nintendo pertama yang mengadopsi teknologi 64-bit, teknologi ini memungkinkan game tersaji dengan grafis yang lebih baik dan dalam tampilan 3 dimensi.

N64 bersaing dengan Sony PlayStation dan Sega Saturn pada masanya; namun sayang, di dunia internasional N64 kalah bersaing dengan PlayStation yang angka penjualannya mencapai 102,49 juta unit, sementara N64 hanya terjual 32,93 juta unit.
di Indonesia, N64 pun kalah pamor dengan PlayStation, hal ini terutama disebabkan oleh berkembanganya pembajakan "kaset" game PlayStation sehingga harganya menjadi sangat murah (hingga 500 rupiah).
Karena pembajakan tersebut, kebanyakan orang lebih memilih PlayStation, bahkan sampai muncul anakedot yang menyebutkan bahwa "Nintendo = Konsol murah, game mahal; Sony = Konsol mahal, game murah".

N64 memiliki kontroler yang unik, atau bahkan bisa dibilang aneh. Kontroler N64 memiliki bentuk "M" dengan tiga pegangan dan tombol yang jauh berbeda dari pendahulunya. Terdapat tombol A-B, 4 tombol C (warna kuning), tombol R-L-Z, Start, tombol 4 arah, dan sebuah "analog" di tengah.
Karena keanehannya, Kotaku (salah satu media di internet) memberikan "penghargaan" kepada kontroler N64 sebagai kontroler konsol Nintendo terburuk.
Spoilerfor kontroler N64:
Quote:
Quote:Kontroler N64; posisi analog dan tombol Z di tengah merupakan salah satu keanehan pada kontroler N64


Kontroler aneh bukan berarti gamenya pun aneh; N64 memiliki beberapa game dengan kualitas bagus di masanya, antara lain 2 game dengan penjualan tertinggi, yaitu Super Mario 64 (11,62 juta kopi) dan Mario Kart 64 (9 juta kopi)

Super Mario 64
Spoilerfor mario64:


Mario Kart 64
Spoilerfor kart64:


Super Smash Bros.
Spoilerfor ssb:


Pokémon Stadium
Spoilerfor stadium:


The Legend of Zelda: Ocarina of Time
Spoilerfor Zelda:OOT:



LANJUT KE POSTINGAN BAWAH
V
V
V

SOURCE: www.kaskus.co.id

0 komeng:

Posting Komentar