Singapura aja bela-belain bikin kaya gini. Kenapa Indonesia masih impor pangan gan??


Spoilerfor No Repsol..!!:

Sistem Pertanian Vertikal di Singapura
Gan, akhir2 ini kan harga tempe ama tahu naik tuh. Padahal ane demen banget ama kedua makanan ini. Katanya sih sebabnya harga kedelai yang semakin tinggi. Denger2 sih kedelai emang sedang langka dipasaran dan pemerintah rencananya akan meningkatkan impor kedelai. Masa sih petani Indonesia ngga bisa mencukupi kebutuhan kedelai?? Lebih jauh lagi, masa sih Indonesia ngga bisa mencukupi kebutuhan pangan sampai impor segala??

Negara tercinta ini kan sangat luas buanget tuh gan. Terus katanya juga Indonesia negara Agraris atau negara yang sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaharian sebagai petani, tapi kok masih impor pangan?? Mungkin cara Singapura dalam bercocok tanam yang satu ini harus ditiru kali yak. Simak thread ini nyampe akhir ya gan.
Quote:
Quote:Di Singapura, tanah merupakan aset yang sangat berharga. Sebuah negara kecil dengan luas hanya 710 km persegi menjadi rumah bagi 5 juta orang. Tidak mengherankan apabila Singapura terkenal dengan bangunan yang menjulang tinggi. Di sebuah pulau dengan kepadatan yang tinggi, dimana 93% makanan adalah impor, ide untuk membuat lahan pertanian di negara ini dapat dikatakan hampir tidak mungkin untuk dilakukan. Sebaliknya kalau di Indonesia masih banyak tanah yang dibiarkan menganggur. Kalo ada pekarangan disekitar rumah agan, buat nanem aja gan.

Namun, seorang pengusaha mengatakan bahwa dia mampu memproduksi lima kali lebih banyak sayuran pertanian di pusat kota. Berkat teknik pertaniannya yang bisa dikatakan radikal, lahan pertanian kota milik Jack Ng mampu menghasilkan 1 ton sayuran segar setiap harinya, menyediakan makanan bagi warga kota Singapura yang diproduksi secara lokal. Wow banget ngga tuh gan. Padahal lahan sempit yak.

Quote:
Spoilerfor Penampakan gan..!!:
Spoilerfor Pic 1:

Spoilerfor Pic 2:

Spoilerfor Pic 3:

Quote:Teknologi yang digunakan Jack Ng dalam sistem pertaniannya disebut dengan “A-Go-Gro”, dan tampak seperti Roda Ferris, dengan ketinggian 30 kaki. Rak-rak sayuran disusun dalam sebuah rangka alumunium, dan dapat berputar untuk menjaga sirkulasi cahaya matahari, aliran udara dan pengairan. Semua sampah organik menjadi kompos dan dapat digunakan kembali. Sistem perputaran (Air powering frame) air dibantu oleh gaya gravitasi dan membutuhkan sedikit konsumsi listrik. Menurut Jack Ng, energi yang diperlukan untuk daya satu air powering frame adalah setara dengan energi yang dibutuhkan 60 watt bola lampu. Keren yak gan.

Seluruh sistem, masing-masing hanya membutuhkan lahan seluas 60 meter persegi. Sebanyak 120 menara telah didirikan di Kranji, 14 km dari pusat bisnis Singapura. Dalam beberapa tahun kedepan Jack Ng, ingin membangun 2.000 menara untuk sistem pertaniannya. Adakah kaskuser lulusan pertanian?? Ayo jangan kalah. Bikin pupuk tumbuh cepat hanya dalam 5 detik kaya di film dono.

Quote:
Spoilerfor Penampakan..!!:
Spoilerfor Pic 4:

Spoilerfor Pic 5:

Spoilerfor Pic 6:

Spoilerfor Pic 7:

Quote:Jack Ng menjual sayurannya dengan merk Sky Greens, yang dijual di supermarket, memberikan alterntif produk impor kepada konsumen. Meskipun harga sayuran Sky Greens 10% lebih mahal dari sayuran yang dijual di pasaran, namun sayuran ini banyak digemari karena sayuran vertikal lebih segar daripada sayuran lainnya yang dijual di Singapura. Sayuran lokal emang lebih seger gan daripada sayur impor, baru metik soalnya gan.
Quote:
Spoilerfor Penampakan..!!:
Spoilerfor Pic 8:

Spoilerfor Pic 9:

Spoilerfor Pic 10:

Quote:Sky Greens didukung oleh pemerintah Singapura karena memungkinkan negara dengan luas wilayah yang kecil menjadi mandiri akan sumber pangan. Jack Ng percaya bahwa sistem pertaniannya dapat diadopsi di seluruh dunia, terutama di Asia Tenggara. Yang wilayah yang kecil aja bisa kek gitu, masa wilayah yang gede ngga bisa.
Quote:Tambahan Gan, ngga kalah dengan Singapura, ternyata di Hong Kong dan Swedia akan membangun gedung cuma buat nanem buah & sayuran. Kalo di Indonesia dikira kurang kerjaan kali.

Sebuah firma arsitektur berbasis di Spanyol, JAPA, mengaku yakin model pertanian vertikal yang dikembangkan China ini bisa mengatasi masalah dengan model Dyn-net atau Dynamic Vertical Networks. Konsep ini akan berbentuk sebuah seri gedung-gedung pencakar langit khusus lahan pertanian di kota-kota besar untuk menyuplai kebutuhan makanan masyarakat kota.
Spoilerfor Di Hong Kong nih gan..!!:

Gedung pencakar langit setinggi 187 meter yang dibangun di Distrik Tai Po, Hong Kong, ini tidak untuk ditempati, melainkan hanya akan digunakan untuk menanam buah dan sayuran.

Spoilerfor Di Swedia nih gan..!!:

Kalo yang ini gedung setinggi 177 kaki yang rencananya juga akan dibangun hanya untuk nanem buah dan sayuran di Swedia. Gimana tuh gan??

Quote:

Sekian thread ane mudah-mudahan bermanfaat bagi warga KASKUS...!!!
Ane orang baik gan dan bukan bata collector jdi jngn di
Wajib dikomen dan gan. Jika berkenan timpuk ane agan.

Quote:
Quote:Quote:Original Posted By muball ?
indonesia dilawan,...
sudah lah gan,... capek ikut2an mikir negara ini.

Ane ngga mikirin banget kok gan Ane cuma share informasi kalau diluar sana ada teknologi kayak gini. Mereka berusaha berpikir diluar kotak dan didukung pemerintah. Sedangkan di Indonesia kalo ada yang berpikir diluar kotak malah diambil tuh otaknya, kemudian dimasukin dalam kotak, habis itu kotaknya dilempar lagi ke gudang nyampe berdebu oleh orang2 tidak berotak yang hanya memperkaya diri sendiri gan. Namun apapun yang terjadi kita harus tetap Cinta Indonesia gan.


Komen terpilih para kaskuser, bagus2 nih gan.
Spoilerfor Buka aja gan..!!:

Quote:Original Posted By aizelmo ?
Ane lulusan pertanian gan..dan ane bener2 miris sebagian besar temen ane malah kerja di bank

IPK gede2, lulusan cum laude, cepet pula cm 4 thn, kerjanya malah bukan di bidangnya ..justru yang ipk 2,5 - 3,4 yang ttp setia sm ilmunya..

selain itu pemerintah juga emang kalo bkin kebijakan aneh2..kaya bukan orang berpendidikan aja..semua orng juga tau dari dulu di Indonesia banyak petani, pelaut, peternak..entah kenapa sektor2 tsb malah dianak tirikan..

doakan ane gan..kalau diberi kesempatan Insyaallah ane mau berusaha memajukan pertanian Indonesia

Semua kaskuser ayo ikut do'ain demi memajukan pertanian Indonesia.
Quote:Original Posted By DiaxDiax ?
iya gan miris
tapi yang penyebab tempe/tahu mahal ., emang karena petani kita engga mw nanam kedelai gan harga pasaranya murah .,
seharusnya ada pihak swasta/pemerintah yang memberdayakan di sektor pertanian gann., jangan hanya tembakau

Quote:Original Posted By Monsyur ?
Asal ada kemauan, apapun bisa kita laksanakan.
Jangan hanya bisa alasan aja.

Quote:Original Posted By weswew7 ?
Emang lebih bagus negara kecil tp ke urus, drpd negara luas tp pada malas.... Hehe

Quote:Original Posted By Second.As.Whds ?
indonesia impor karena pemerintah memilih cara instan dan mudah.
omset nya juga menjajikan,, walaupun kedepan nya merusak bangsa. toh masa jabatan mereka paling lama 10 tahun. nabung dulu bwt masa depan pribadi..
mantap dah para pemimpin kita, pinter bgt.

Quote:Original Posted By ..joker.. ?
menteri pertanian kita masa bodoh dengan hal itu gan
boro2 ngurusin pertanian
petani aja kgk di perhatiin
taunya pgn swasembada pangan tp lahan sama petaninya udh kgk ada ???
emg bener negara kita subur tapi masih banyak yg miskin dan kelaparan gan

Quote:Original Posted By ari32 ?
ya ente tau sendiri dah gan duitnya di kemanain

Quote:Original Posted By frostroses ?
indonesia ga perlu ngikut gan, impor aja diteruskan, biar makin terpuruk ekonominya. Impor itu kan lahan pendapatannya pejabat gan, jangan di ganggu, mereka itu ngumpulin uang hasil sogok pengusaha yang mau impor ke indonesia, kalo produksi pangan di indonesia digalakkan, mereka bakalan susah cari sumber sogokan, soalnya impor jadi gak perlu.

Quote:Original Posted By kunyuk.pelempar ?
support dari pemerintah kagak ada gan,, eh ada ding buat kadernya saja
yg pasti programe sby yg namanya pnpm mandiri cuman bull****
btw thx infonya ya gan

Quote:Original Posted By warga.negara ?
Karena Moral2 kebanyakan Pejabat Indonesia udah Rusak semua. Makanya gak peduli. Yang penting mereka sendiri kaya raya.

Quote:Original Posted By bucatbuceng ?
banyak barang impor karena biar bisa jadi bisnisan oknum pemerintah gan.. selagi masih ada oknum pemerintah yg suka main bisnis belakang, barang import bakal terus ada gan.. semoga pada cepet mati deh buat pemerintah yg suka memperkaya diri sendiri..

Quote:Original Posted By asusa42f ?
kreatif dan inspiratif infonya gan. semoga aja ada sarjana2 pertanian indonesia yang ga kalh kreatif dibandignsingapura.

tapi sedikit lucu dan aneh di indonesia gan. kemarin selasa [27/8/13] kbtulan ada pertemuan Gubernur Jateng bersama Semua Camat Wilyh Kab. Magelang beserta Kades/Lurah dan Seluruh Perangkat Desanya. Pada sesi Diskusi Ringan Gubernur Jateng bertanya ke audiens: " Para Bpk/ Ibu sekalian. diantara putra-putri bapak adakah yang ber CITA-CITA menjadi seorang PETANI ? "
tak ada yang menjawab.

Jadi sedikit terlintas begantung harapan pada sarjana2 pertanian ? sedangkan masyarakatnya kurang/ tdk berminat dlm bidang pertanian?
apkh selamny kita mau impor teruss ?


Quote:Original Posted By ghazyqueenabf ?
Kalo emang niat ya... apa sih yang tidak bisa dibuat oleh orang Indonesia?? dari bikin jarum sampai bikin pesawat saja bisa loh...!!
Cuma bener kata agan diatas, dukungan pemerintahnya nooooolllllllll......
Selama masih bisa impor kenapa harus memproduksi sendiri ???

Quote:Original Posted By idemerchandise ?
ituuu Luaarr Biasaaa ...itu bener2 Kreatif Gan...

Infonya sangat bermanfaat...klo menurut ane Indonesia bukan Ga Bisa...tp ada keinginan yang besar tp tanpa mau memikirkan apa yang harus dilakukan...adapun jika telah tahu ilmunya tapi tidak dilakukan...karena kebanyakan orang Indonesia saat ini tuh Instan...Instan langsung jadi sayur, instan langsung dapet duit, instan langsung dapet profit...selain itu Pemerintahnya ge ga serius...lebih milih program pencitraan biar dapet kekuasaan ketimbang membangun negerinya...Liat ajah PILKADA, PILPRES...uang dari Parpol lebih condong dipake buat SPANDUK2, BANNER2 dan BAJU2 yang ga penting ...

SHARE terus Infonya yang bermanfaat Gan...mudah2an bisa memnginspirasi kita semua...kyany ane jd semakin berminat buka usaha dibidang pertanian nih

Thread ane yang lain gan. Mudah2an bermanfaat juga gan.

SOURCE: www.kaskus.co.id

0 komeng:

Posting Komentar