Ayo gan, jangan lagi mengejek ababil yang menggunakan DSLR



WELCOME GAN
LANGSUNG KE BAWA AJA DEH



Quote:Original Posted By rigormortis. ?


wakakaka kesampaian juga cita2 si agan jadi HT



Quote:
pernah liat gambar komik ini?



pembuatnya dan yang post gambar macam itu terkesan memojokan kaum ababil. mungkin iri kali yah namun banyak juga pendukungnya. disini ane ga setuju kalo ababil pengguna DSLR di ejek, karena semua orang punya hak memiliki sesuatu asalkan itu dari hasil halal, mau DSLR ke, smartphone ke, megic jar ke, kipas angin ke, roket, tank, buldoser, truk tronton atau pacar sesama jenis lagi pula sikap saling mengejek itu ga baik dalam agama.


Mengapa ane tidak setuju untuk mengejek ababil pengguna DSLR??
ada berbagai alasan. simak dibawah:



Quote:
1. setiap orang berhak memiliki DSLR. kenapa kalo ababil pake DSLR banyak yang sewot? iri? dengki? merasa ga punya? entah itu pembelian sendiri atau dibelikan orang tuanya, so what? justru ane melihatnya baik, mereka merengek ingin DSLR, dari pada merengek untuk bermain game seminggu diwarnet, beli cash atau menghabiskan uang buat mabok, ganja? fotografi itu positif asal bukan buat pornografi





Quote:
2. banyak yang mengejek pula ababil ga bisa menggunakan mode manual DSLR, memangnya kenapa? kalo belum tau, kan kita yang tau bisa sambil memberi tahu. dapet pahala loh
jika ababil menggunakan mode Auto dalam memotret juga memangnya kenapa? produsen kamera menambahkan mode Auto memang ditujukan bagi mereka yang masih kebingungan mengatur segitiga fotografi (SS, Aperture dan ISO). jika bukan mereka yang menggunakan auto, siapa lagi? kucing?





Quote:
3. orang mengejek ababil yang katanya beli DSLR cuma buat foto narsis?
menurut ane juga so what? kamera kan gunanya untuk memfoto dan mereka menyukai untuk memfoto diri sendiri. Atau ane kira mereka belum nemu subjek yang menarik sehingga foto sendiri aja. ga masalah. bahkan pada DSLR ada banyak mode yang memang ditujukan khusus untuk memotret orang. atau yang mengejek pengen juga di foto?




Quote:
4. ada juga yang mengejek bahwa ababi sering menggunakan DSLR untuk di foto bukan memfoto. ya, kadang2 memang ane akui DSLR menjadi ajang eksistensi diri. mungkin mereka sangat PD jika foto sambil megang DSLR. tp sah-sah aja, dari pada foto sambil megang boto whisky atau megang alat vital sesama jenis






Quote:
5. ada yang mengejek ababil punya DSLR biar dideketin cewe-cewe. pengejek mungkin iri karena ga dideketin cewe-cewe. ane punya temen, dia bukan fotografer, tp gila selingkuhannya banyak banget. hal ini membuktikan bahwa tidak semua pengguna DSLR itu punya banyak gebetan
kalau pun mereka dapet gebetan karena punya DSLR, bagus donk. rejeki namanya. jangan kalah sama petinggi/pejabat pemerintahan yg dapet gebetan pake mobil/





Quote:
6. ababil sering bawa DSLR ke Mall (baca komik diatas).
sebenarnya ane kira di Mall dilarang untuk pemotretan pake DSLR kecuali ada ijin atau kecuali satpam lg tidur.
mungkin yang dimaksud sering bawa DSLR ke tempat keramaian.
ya, memang terlihat mencolok kaya wartawan. tp memang kenapa? selama ababil ga ganggu privasi orang atau ga motret sembarangan tanpa etika. kayaknya no problem/ sah-sah aja gan
kalo dirasa udah menggangu privasi, baru boleh ditegur atau bawa ke SPG, eh maksudnya Satpol PP

kira-kira begini kalo fotografer udah melanggar tata tertib




Quote:
7. ejekan ababil pengguna DSLR juga lantaran mereka sering mengupload foto hasil jepretan ke facebook dan ditag ke teman2nya.
tidak salah menurut ane? dari pada mengaku-ngaku karya foto orang lain, kan namanya udah pencurian. mau upload foto narsis atau apalah, yg penting hasil sendiri, dr pd tidak sama sekali. kecuali sekali nge-Tag puluhan foto dan mengganggu, silahkan tegur





Quote:
8. jika ababil dilarang pegang punya DSLR? lalu apa tujuannya Nikon dan Canon mengeluarkan produk kelas entry level? pada dasarnya fotografer pro berduit dan sudah lawas pasti pakai kelas high end atau minimal mid range, bukan entry level. lagipula ini sangat bagus buat perekonomian, menunjukan bahwa orang Indonesia punya daya beli tinggi. atau mungkin pengejek meminta agar semua orang punya sertifikat sebagai fotografer asli untuk dapat beli DSLR, gitu?



Quote:
9. Banyak pengejek sewot karena ababil beli DSLR dan menghabiskan duit orang tua. Nah, ane kadang kali sering melihat bahwa ternyata ABG yg punya DSLR hampir rata-rata dari kalangan punya/menengah keatas. bahkan disini, setau ane ada ABG yg punya DSLR itu anaknya juragan restoran bebek goreng, anak juragan toko mainan, dan lain-lain. makanya sebelum mengejek, tanya dulu si ababil, ayahnya kerjanya apa? kalo ketahuan ayahnya pekerja seabutan yg ga menentu, nah baru silahkan ejek dan nasehati "buat apa lu ngabisin duit ortu cuma buat gaya-gayaan"




Quote:
10. soal pamer? pada dasarnya tidak ada manusia yg sempurna. setiap manusia pasti punya watak kesombongan. tp kasus pamer DSLR tidak separah kasus pamer motor mahal. coba kalo motor mahal kelas Ninja, CBR atau satria, yang pamer pasti naik motor ngebut lalu geber-geber. nah kalo pamer DSLR? apakah si ababil akan spontan dan frontal memotret semua orang dijalan dan menunjukan "nih DSLR gue, muka lo yg jelek bisa cakep dengan kamera ini". ane pikir ga ada ababil yg gitu.
apakah sepanjang hidup ente ga pernah pamer mempunyai sesuatu? mengaku saja...
kadang2 ane punya kipas angin harga 50ribu juga pamer sama orang yg punya AC





Quote:
11. soal angle? mungkin ababil mempunyai keterbatasan dg DSLR standarnya. atau memang subjeknya susah atau motivasi lain. jika sudah mengganggu silahkan tegur, jika tidak biarkan. ababil jg bisa saja terinspirasi fotografer yg sering nungging2 motret sambil tidur dan lain2






Quote:
12. soal skill berfotografi? ane kembalikan pada si ababil. oke pertama mereka pakai Auto, tp apakah tetap berkutat dg "Auto" atau mau upgrade ke "Manual"? baiknya kita yg tau, memberi tau mereka. lumayan dapet pahala.




sekian ya, cape nulisnya..
terserah mau rate atau cendol.
yang penting jangan bata.

ayo siapa tau ada yang mau nambahin???
yg penting saling menghormati, seling belajar dan saling pengertian

sayang, dalam diskusi ringan ini ada aja yg lempar bata
ga papa, toh nanti mungkin ada yg kasih cendol.



Quote:
ada yang bertanya-tanya dalam thread ini mengenai TS, diantaranya adalah:

1. apakah TS ababil? kok bikin thread kaya gini?
jawab: kebanggan kalo dibilang ababil, berasa awet muda malah. padahal TS udah lama melewati masa-masa ababil. mantan pacar TS aja udah banyak yg pada nikah.

2. apakah TS fotografer?
jawab: menurut fotografer terkenal dari DigitalRev, "semua orang adalah fotografer". nah, kalo ane ga mau bilang bahwa ane adalah sebagai fotografer pro. yg pasti memang ane motret juga buat makan, selain sebagai kontributor.

3. apakah TS udah punya studio foto?
jawab: belum gan, foto job ane selalu dikirim ke redaksi, sisanya masuk hardisk. lagian sohib TS ada yg udah punya studio, jd kalo mau butuh lebih tinggal kesono.

4. apakah TS suka nenteng DSLR di Mall atau narsis-narsisan?
jawab: ane ga pernah ke Mall bawa DSLR, lagian di Mall juga ada larangan motret. soal narsis, paling narsis kalo lagi liburan sama rekan-rekan, atau pas acara natal, atau pas lagi main musik. wajar bukan? atau foto narsis di acara natal termasuk kelakuan ababil menurut ente?

Spoilerfor jangan dibuka. ini virus. please:

males mau share foto, tp ada beberapa komentar yg minta nunjukin karya TS. watermark disensor, biar ga dianggap pamer.







beberapa foto dibawah diambil di daerah widarapayung, daerah kroya, Cilacap. area TS masih desa, disini ga ada Mall, ga ada gedung bertingkat, ga ada toko kamera (khusus), msh jarang pengguna DSLR & ga ada komunitas fotografi.





lihat komen-komennya gan:

Quote:Original Posted By AdeonAngelic ?
ane suka nih gan,
think positives aja, terkadang apa yang orang lain lihat itu berbeda dengan kenyataan kejadian gan


Quote:Original Posted By chooza ?
Setuju sama TS, ane kuliah photography biasa aja ngeliat.a

masa si klo tmen, sudara bahkan bonyok sndri mau minjem n nyoba" pertma x kita katain?

dalam semua hal selalu ada pertama kali. . Yg bkin ntuh gambar pasti pernah lah ngerasain gmna rasa.a pertama x ntah itu megang kamera atau SLR/DSLR.

mungkin sekarang dia udah merasa dewa x gan. . Ftograp terhebat di dunia n karya.a tersebar dimancanegara.


pejwan gan klo berkenan


Quote:Original Posted By sidiq22 ?
di HT ane komen, disini komen lagi ah

kalo emang yang bikin comic atau yang pro itu adalah photografer pro / expert, seharusnya dia punya kedewasaan dalam fotografi. kata pak darwis,

jangan menjudge, menilai dan menjelek jelekan sesorang dan hasil fotonya, karena kita tidak menyukainya, atau merasa kita lebih pandai.
pada dasarnya, emang semua orang bisa memfoto, tinggal selera orang aja kan mau bilang foto itu bagus atau tidak.

soal alay, ane gak setuju, ane setuju ma TS,
kalo caranya kayak begitu, kayak menjudge semua orang yang make kamera dslr (amatir) dibilang alay ketika menenteng kamera. masih banyak orang yang bawa kamera tapi punya skill!

sekarang, kalo street photografer, kalo dijalan gak bawa KAMERA? ada momen bagus, hilang sudah.


Quote:Original Posted By chooza ?


kasian dong gan buat penjual DSLR target pasar.a berkurang

kalo gtu buat ajah peraturan tentang penggunaan DSLR, harus bersertifikat dan mempunyai surat izin. . Kya senjata api gitu.
lucu gan klo komeng ente di taro pejwan. . . Konyol bgt

klo ente pernah ikut kelas atau kursus potograp ente pasti diwajibkan punya media yaitu SLR/DSLR.

Masa nolak si gan. . ??
Agan : aduh pak. . Saya masih pemula boleh gak pke poket dlu??

bisa ktinggalan pelajaran atuh gan

sory gan no offense. .cuman konyol aja statment agan


Quote:Original Posted By vbodd ?
Setuju ama ts, sekarang jarang sekali orang yang berfikir positif.
Sejak era keterbukaan reformasi, banyak yang hobi jadi tukang kritik dan tukang hujat.
Semua yang nggak sepemikiran langsung dihujat, di caci maki.
Toh ane kira nggak semua pemegang kamera dslr itu professional.
Dan nggak ada yang ngelarang kan, amatir fotografi pegang dslr?

Dan sekali lagi sangat tepat yang kaya ts bilang kalo yang bikin tuh kartun sebenernya IRI, banyak abg sekarang yang pegang dslr.
Lagipula dslr sekarang gampang kok make nya,
Belajar 1 minggu aja udah tau fungsi iso, diafragma, dll.
Beda sama jama SLR, yang murni harus tau teori fotografi yang njelimet.



Quote:Original Posted By KukuhAri ?
Takutnya ane dikira ALAY BER-DSLR ..
Secara ane juga sering bawa D3000 tapi itu juga buat nyari objek + tugas + eskul di sekolah gan


beberapa yang kontra. sebenarnya ane takut masukin pejwan coz dia udah ISO, takut dibata. tp ane percaya penghuni kaskus suka demokrasi dan ga lempar-lemparan bata jika cuma ada diskusi ringan semacam ini.

Quote:Original Posted By 9r33n t3a ?
suka2 g juga gan mau memojokan ababil kek lo,masalah buat lo? kan gak mengganggu ketertiban umum...


Quote:Original Posted By hhalim07 ?
TS nya pasti pernah jadi korban ejekan ya


jawab: Puji Tuhan ga pernah jadi korban ejekan, secara ane jarang bgt bawa DSLR ke tempat keramaian. paling2 kalo ada konser metal (kesukaan ane). job motret lebih banyak dihabiskan di daerah pedesaan, pesisir, tempat traveling, sungai, kebon dan lain-lain.


ayo baca kisah agan yang satu ini. dan atas permintaannya untuk paje wan (RIP English)

Quote:Original Posted By chokill ?
Mudah2an sih semua bisa ngerti, yang punya SLR jangan sombong, yang belum punya juga jangan iri. Hehehe.

Ane punya cerita nih...

Dulu pas jaman sekolah SMA sekitar taun 2006an, ane punya temen, bisa dikatakan kita masih jaman ababil lah, hehe. Dia punya tas dan tasnya isi dengan alat2 photography biar dapet gengsi sebagai photographer, otomatis cewe2 manis manja group pada ganjen2 gitu kan ya, deket2in. Secara emang tuh alat2 bisa dikatakan sebagai barang sangat mewah saat itu. Jadi mengangkat derajat juga ceritanya, hehe. Dan dia juga punya hasil merengek ortunya gan, parah dahh..

Kelakuannya ya juga ababil gitu, ababil banget malah, kemana2 bawa tuh kamera, ya ke mall, ke warteg , ke sekolah, lagi malam keakraban, dll. Dan setiap ada apa2 selalu foto, suka sok2 ngomong2 istilah photography lah yang mungkin dia sendiri belum tau maknanya apa

Kalo di sekolah, suka jeprat jepret sana sini, ngga jelas, ya take photo temen2, guru dan staff2, lingkungan sekitar, kolong meja , kucing, penghapus papan tulis, tukang batagor depan sekolah, rok anak cewe (yang ini ane dukung 1000%), bahkan take photo dia sendiri dengan gaya manis dan imutnya. (temen ane cowo, jadi kebayang kan alaynya kalo dia narsis )

Tapi dengan begitu, dia malah semakin terlatih untuk menggunakan SLRnya itu. Dia bisa menemukan komposisi yang pas untuk setiap photo yang akan diambilnya. Sekarang dia udah jadi photographer beneran, yang emang tiap hari bawa2 kamera, jadi bukan karena ababil bin alay lagi. Dia juga jual karyanya di Photo Dune dan Shutter Stock, pendapatannya pun ngga bisa dibilang main2. Hehehe. Pertama kali ketemu setelah kita pisah (beda kampus dan kerjaan), dia bikin pameran. Wow.

Satu Quote yang pernah dia bilang ke ane :


ada pendapat lain lagi

"Biarin aja gw dibilang kamdoy (istilah alay/ababil saat itu), toh gw ngga ngerugiin orang lain kok, gw punya passion di sini (photography maksudnya), gw mau orang lain lihat apa yang gw lihat, gw mau orang lain merasakan apa yang gw rasakan, ya dengan foto2 ini, foto sebagai saksi bisu yang bercerita apa yang tidak bisa diceritakan oleh kata2.


Taro pejwan bila berkenan.
Thx Agan.


Quote:Original Posted By d1t0 ?
Saya juga kurang setuju gan dengan pernyataan2 di gambar itu..
Saya sangat setuju dengan pernyataan agan..

Komentar saya :

Untuk yang menngupload foto dan tag ke teman2 + watermark fotografi itu sah - saja menurut saya. Karena watermark itu menunjukkan identitas dari pemilik dan menjaga keamanan foto tersebut. Lalu untuk masalah nge tag temen di foto itu dan memberi kalimat "Mohon bimbingan . . " tersebut itu sah - sah saja. Mengapa ? Dengan kita memberi tanda kepada teman2 di foto tersebut, mereka bisa melihat dan mungkin memberi koreksi kepada foto kita supaya hasil berikutnya lebih bagus, begitu juga dengan kalimat mohon bimbingan tersebut. Bahkan beberapa fotografer yang saya kenal dan saya anggap profesional masih melakukan hal itu.

Kemudian untuk mencari angle dengan posisi yang heboh. Itu biasa banget lho ya dikalangan fotografer, ada yg tiduran, ada yg guling2, ada yg jongkok dan bahkan ada yang ngambil dengan cara ekstrim. Itu semua dilakukan buat mendapatkan angle yang pas (bukan omong kosong belaka). Selain itu, dengan gaya2 seperti itu juga bisa jadi merupakan salah satu ciri dari orang tersebut. Setiap fotografer pasti punya ciri khas tersendiri dalam tekniknya/warnanya.

Lalu masalah ga ngerti ISO, Diafragma, dsb itunya apakah kalo ga ngerti semua itu dianggap "Ababil ber DSLR" ? Coba deh misalnya ada orang baru beli DSLR, nah dia emang bener2 awam dan baru pertama kali memegangnya. Ya dia gak mungkin langsung ngerti semua nya kan kaya segitiga eksposure, rules of third, dan sebagainya ? Apakah itu pantas dianggap "Ababil ber DSLR"? Semua itu butuh proses !

Dengan update status "Hunting" juga ada sisi positifnya kok. Kita bisa mengajak teman2 kita untuk ikutan. Contohnya kaya pas saya mau hunting dengan teman saya. Awalnya hanya berdua, tapi kita update lewat FB/Twitter. Alhasil ada 5 orang lagi yang ikut. Jadi bikin status gitu bukan cuma buat pamer aja lho, itu juga bisa mengajak orang lain untuk ikutan

Pernyataan : "Mahir menggunakan Photoshop." Ngeliat ini saya pengen ketawa jadinya. Di dalam fotografi itu ada 2 tahapan. Pertama itu kita foto mentah lalu Post Proccessing di dalam Software. PP ini biasa dilakukan di dalam Photoshop, Adobe LightRoom, DPP, dan sebgainya. PP ini bertujuan untuk meretouch hasil foto kita supaya lebih menarik dan terlihat dramatis asal tidak mengubah keaslian foto. Photoshop digunakan bukan hanya sebatas brightness, hilangin jerawat, dsb. Masih banyak fitur photoshop yang kerap kali digunakan seperti HDR, Cropping, dan sebagainya. Coba deh liat beberapa hasil fotografer2 yg pro, tanya lewat PP apa engga ? Apa iya kalo lewat PP harus dibilang "Ababil berDSLR" ?

Nah mengenai objek foto yg muka sendiri, cewe, makanan itu wajar lho ya. Dalam fotografi banyak jenisnya. Contoh : Food Photography (Objeknya makanan), Wildlife Photography (Objeknya binatang liar), dan masih banyak lagi. Objek muka sendiri ? Kenapa tidak ? Saat kita gak ada objek lain dan kita ingin kreasi sendiri sah2 aja kok.

Habis itu kalo ketemu di pusat2 kota emang kenapa ? Apakah orang yg membawa DSLR di mall/pusat kota itu dianggap "Ababil BerDSLR" Berpikirlah secara luas ! Bisa saja itu karena tuntutan pekerjaan, hobby, atau bahkan ikut lomba

Memang gak semua orang dengan kamera bisa dianggap fotografer.
Saya pernah baca di buku dengan tulisan seperti ini :


Dan menurut saya yang bener2 dianggap dengan "Ababil BerDSLR" adalah :
1. Tidak menghormati sekitarnya
2. Melanggari etika dalam mengambil foto (contohnya kasus waisak di Borobudur beberapa pekan lalu)
3. Mengambil, mempergunakan, dan mengakui foto orang lain sebagai foto miliknya

Itu beberapa tanggapan dari saya.
Pesan saya untuk pembuat foto ini dan yang masih menganggap ababil DSLR itu sih cuma satu : Berpikirlah secara luas !

Kalo bisa kasih page one gan !

\

SOURCE: www.kaskus.co.id

0 komeng:

Posting Komentar