3 Sutradara Film Paling Kreatif Sepanjang Masa

Sutradara atau pembuat film adalah orang yang bertugas mengarahkan sebuah film sesuai dengan manuskrip, pembuat film juga digunakan untuk merujuk pada produser film. Manuskrip skenario digunakan untuk mengontrol aspek-aspek seni dan drama. Pada masa yang sama, sutradara mengawal petugas atau pekerja teknik dan pemeran untuk memenuhi wawasan pengarahannya. Seorang sutradara juga berperan dalam membimbing kru teknisi dan para pemeran film dalam merealisasikan kreativitas yang dimilikinya. Berikut ini 3 sutradara film yang paling kreatif sepanjang masa:

1. Steven Spielberg
steven-spielberg

Steven Spielberg

Steven Allan Spielberg lahir di Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat, 18 Desember 1946 adalah seorang sutradara dan produser film ternama keturunan Yahudi asal Amerika Serikat. Ia telah memperoleh tiga Penghargaan Oscar (Academy Award) serta satu Penghargaan Kehormatan Seumur Hidup. Ia telah menyutradarai 32 film dari tahun 1963 hingga sekarang. Steven Spielberg dikenal bertangan dingin dalam menyutradarai sebuah film. Hampir semua film-filmnya menjadi hits dan masuk dalam box office. Sebut saja Jaws (1975), Indiana Jones and the Last Crusade (1989), Jurasic Park (1993) dan beberapa sekuelnya, Saving Private Ryan (1998), The Terminal (2004), Catch Me If You Can (2002), AI: Artificial Intelligence (2001), War of the Worlds (2005) dan masih banyak lagi.

Film yang paling fenomenal dan masih diingat hingga sekarang adalah E.T. The Extra-Terrestrial (1982). Steven Spielberg seorang yang multi-talented dengan menjadi sutradara film, penulis skenario, produser, desainer video game dan seorang pengusaha studio. Forbes menyebut kekayaan Spielberg mencapai $ 3 miliar di tahun 2011. Steven Spielberg masuk dalam daftar 100 Orang Paling Penting dalam Abad ini yang dirilis oleh Time. Sudah tidak terhitung penghargaan yang ia dapat di ajang Academy Awards, BAFTA Awards, Golden Globe Award, Festival Film Cannes dan masih banyak lagi. Hand-print, tanda tangan dan jejak kaki Steven Spielberg diabadikan di depan Grauman Chinese Theatre. Nama Steven Spielberg juga tertanam di Hollywood Walk of Fame bersama tokoh-tokoh terkenal lainnya.

2. Alfred Hitchcock
alfred-hitchcock

Alfred Hitchcock

Alfred Hichcock mungkin menjadi satu-satunya sutradara dengan film paling banyak, yaitu sebanyak 58 film yang berhasil disutradarai. Pria kelahiran 13 Agustus 1899 dan meninggal diusia 80 tahun pada 29 April 1980 tetap konsisten menjadi sutradara. Alfred Hitchcock pernah menerima penghargaan Lifetime Achievement Award di American Film Institute tahun 1979 dan menerima beberapa Academy Awards.

Alfred Hitchcock memulai karirnya sejak film bisu hingga film modern dan menjadi pelopor dalam teknik film thriller psikologis dan film thriller. Serta menjadi pelopor penggunaan kamera bergerak. Film-film Alfred Hitchcock yang banyak dikenal orang adalah Mr. & Mrs. Smith (1941), Rear Window (1954), Psycho (1960) dan masih banyak lagi.

3. Woody Allen
woody-allen

Woody Allen

Woody Allen adalah aktor, sutradara, penulis skenario, komedian, musisi dan pemain drama. Pria kelahiran 1 Desember 1935 sangat multi-talented. Woody Allen menjadi sutradara untuk 40 film. Annie Hall (1977), Manhattan (1979), Match Point (2005), Melinda and Melinda (2004) dan lainnya adalah sederet karya-karyanya.

Allen adalah salah seorang sutradara paling berpengaruh pada zaman modern berkat film-filmnya yang intelektual serta jumlah karyanya yang banyak. Seringkali ia turut berakting dalam film-film arahannya. Inspirasinya termasuk sastra, filsafat, psikologi, perfilman Eropa, dan New York City, kota kelahiran serta tempat tinggalnya. Berbagai penghargaan telah diterima Woody Allen diantaranya Academy Awards untuk film Annie Hall sebagai Best Picture, Golden Globe untuk Skenario Terbaik dalam film The Purple Rose of Cairo. Skenario Asli Terbaik (Annie Hall, 1977 dan Hannah and Her Sisters, 1986). Ia juga telah 13 kali menjadi pemenang BAFTA dalam berbagai kategori, termasuk film, skenario, dan sutradara terbaik.
http://puncakdunia.com/3-sutradara-f...njang-masa.php



Reference:
http://www.guardian.co.uk
http://www.biography.com
http://www.forbes.com
http://www.bbc.co.uk/indonesia

SOURCE: forum.indowebster.com

0 komeng:

Posting Komentar