Mulai Hari Ini, KRL Jabodetabek Ada Setiap 7 Menit
makasih buat mimin momod yang udah berkenan milih ane jadi HT,ini HT pertama ane 
makasih juga buat yang udah ngasih cendol


Ilustrasi: KRL ekonomi melintas di Rawajati, Jakarta Selatan, Sabtu (30/3/2013). Pemerintah memutuskan menunda penghapusan KRL ekonomi. Penundaan ini dilakukan hingga Juli 2013 ketika sistem tiket elektronik diterapkan.
JAKARTA, KOMPAS.com — Sesuai janji PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) pada 7 Maret lalu, mulai hari ini, Senin (1/4/2013), akan diberlakukan Perubahan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).
Penerapan Gapeka akan menambah jumlah perjalanan kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek di sejumlah rute yang nantinya juga akan berdampak pada waktu tunggu kedatangan kereta di stasiun yang tidak membutuhkan waktu lama.
"Dari yang biasanya setiap 15 menit KRL masuk ke stasiun, nantinya bergeser jadi sekitar 7 menit sekali ada KRL masuk ke stasiun," kata Direktur Utama PT KCJ Tri Handoyo di Jakarta, Kamis (7/3/2013).
Untuk rute Stasiun Bogor menuju Jatinegara yang melalui jalur lingkar dalam kota (loopline), perjalanan kereta akan ditambah dari 67 perjalanan menjadi 93 perjalanan. Sementara untuk lintas Serpong-Tanah Abang, perjalanan KRL yang sebelumnya terdapat 74 perjalanan meningkat menjadi 87 perjalanan.
Kemudian untuk lintas Bekasi-Jakarta Kota, perjalanan ditambah dari 84 perjalanan menjadi 106 perjalanan. Satu-satunya pengurangan jumlah perjalanan hanya terjadi untuk KRL dari arah Stasiun Bogor menuju Stasiun Jakarta Kota melalui jalur tengah dalam kota (central line).
Mulai 1 April 2013, jumlah perjalanan akan berkurang dari 193 perjalanan menjadi 176 perjalanan. "Mulai tanggal 1 April 2013, terjadi peningkatan jumlah perjalanan yang sebelumnya 514 perjalanan menjadi 533 perjalanan KRL," ujar Handoyo.
Selain penambahan jumlah perjalanan dan pemangkasan waktu tunggu di stasiun, mulai 1 April 2013, khusus untuk rute-rute dari Bogor, baik yang menuju Jatinegara maupun Jakarta Kota, KRL pemberangkatan pertama akan mulai berangkat pukul 04.00 WIB, dari sebelumnya pukul 04.25 WIB.
Sedangkan untuk KRL pemberangkatan terakhir dari Jakarta menuju Bogor, baik dari Jatinegara maupun Jakarta Kota, KRL yang tadinya hanya sampai pukul 22.30 WIB akan diperpanjang menjadi pukul 00.25 WIB.
Tri Handoyo menerangkan, pergeseran waktu pemberangkatan kereta ini dikarenakan untuk mengantisipasi membeludaknya penumpang yang akan menggunakan KRL baik pada saat jam berangkat kerja maupun pada saat jam pulang kerja.
"Karena pada jam-jam sibuk seperti pagi dan sore hari, jumlah penumpang KRL sering melebihi kapasitas, bahkan tidak sedikit pula yang ketinggalan kereta," terangnya.
Editor :
Benny N Joewono
SUMBER
curhatan agan dan sista
Spoilerfor :
buka 
makasih juga buat yang udah ngasih cendol
Spoilerfor :
Spoilerfor :
Ilustrasi: KRL ekonomi melintas di Rawajati, Jakarta Selatan, Sabtu (30/3/2013). Pemerintah memutuskan menunda penghapusan KRL ekonomi. Penundaan ini dilakukan hingga Juli 2013 ketika sistem tiket elektronik diterapkan.
JAKARTA, KOMPAS.com — Sesuai janji PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) pada 7 Maret lalu, mulai hari ini, Senin (1/4/2013), akan diberlakukan Perubahan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).
Penerapan Gapeka akan menambah jumlah perjalanan kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek di sejumlah rute yang nantinya juga akan berdampak pada waktu tunggu kedatangan kereta di stasiun yang tidak membutuhkan waktu lama.
"Dari yang biasanya setiap 15 menit KRL masuk ke stasiun, nantinya bergeser jadi sekitar 7 menit sekali ada KRL masuk ke stasiun," kata Direktur Utama PT KCJ Tri Handoyo di Jakarta, Kamis (7/3/2013).
Untuk rute Stasiun Bogor menuju Jatinegara yang melalui jalur lingkar dalam kota (loopline), perjalanan kereta akan ditambah dari 67 perjalanan menjadi 93 perjalanan. Sementara untuk lintas Serpong-Tanah Abang, perjalanan KRL yang sebelumnya terdapat 74 perjalanan meningkat menjadi 87 perjalanan.
Kemudian untuk lintas Bekasi-Jakarta Kota, perjalanan ditambah dari 84 perjalanan menjadi 106 perjalanan. Satu-satunya pengurangan jumlah perjalanan hanya terjadi untuk KRL dari arah Stasiun Bogor menuju Stasiun Jakarta Kota melalui jalur tengah dalam kota (central line).
Mulai 1 April 2013, jumlah perjalanan akan berkurang dari 193 perjalanan menjadi 176 perjalanan. "Mulai tanggal 1 April 2013, terjadi peningkatan jumlah perjalanan yang sebelumnya 514 perjalanan menjadi 533 perjalanan KRL," ujar Handoyo.
Selain penambahan jumlah perjalanan dan pemangkasan waktu tunggu di stasiun, mulai 1 April 2013, khusus untuk rute-rute dari Bogor, baik yang menuju Jatinegara maupun Jakarta Kota, KRL pemberangkatan pertama akan mulai berangkat pukul 04.00 WIB, dari sebelumnya pukul 04.25 WIB.
Sedangkan untuk KRL pemberangkatan terakhir dari Jakarta menuju Bogor, baik dari Jatinegara maupun Jakarta Kota, KRL yang tadinya hanya sampai pukul 22.30 WIB akan diperpanjang menjadi pukul 00.25 WIB.
Tri Handoyo menerangkan, pergeseran waktu pemberangkatan kereta ini dikarenakan untuk mengantisipasi membeludaknya penumpang yang akan menggunakan KRL baik pada saat jam berangkat kerja maupun pada saat jam pulang kerja.
"Karena pada jam-jam sibuk seperti pagi dan sore hari, jumlah penumpang KRL sering melebihi kapasitas, bahkan tidak sedikit pula yang ketinggalan kereta," terangnya.
Editor :
Benny N Joewono
SUMBER
curhatan agan dan sista
Spoilerfor :
Quote:Original Posted By togedoy?
keren gan... semoga bisa mengatasi masalah kelaparan eh transportasi di jakarta yg udah padet
Quote:Original Posted By na_anonkz ?
jadwal sih emang jd lebih banyak, tp penempatan di jam sibuknya yg kurang gan,,,td pagi aja biasanya ane dpt dduk di CL jd susah cari tempat dduk. yg biasanya CL ga penuh2 amat, skrg jd membludak penumpangnya
yang penting itu banyakin kereta di jam jam sibuk.
Quote:Original Posted By super.tiote ?
wahh bagus dehh gan.. biar gak pd sumpel2an di dalem kereta
Quote:Original Posted By unconcept ?
Mantap! Jabodetabek makin macet, karena pintu perlintasan KA semakin sering ditutup
Quote:Original Posted By dpd27 ?
Td pagi ane pake kereta dari tanah abang mau ke depok nunggu dari jam 8.25 KRL Commuter Line baru dateng jam 9.05
Jadwalnya masih berantakan
Quote:Original Posted By noxiii ?
jgn lupa fasilitasnya juga dong
percuma 7 menit sekali kalo kenyamanannya juga gak ada
Quote:Original Posted By twisto2 ?
aduh tapi agak percuma sih, kendaraan pribadi makin banyak
Quote:Original Posted By abdie11 ?
gk yakin ane gan...
indonesia kan terkenal jam karetnya
Quote:Original Posted By TheBoneyKing ?
7 menit gundulmu, tadi pagi aja gw telat kelas gara-gara keberangkatan jam 7-an dikurangin, jam 7 yang berangkat itu jadi 7.00 sama 7.07 ada lagi 7.42 .. biasanya ada gw naek yang 7.20an dari bogor
Quote:Original Posted By jamujagos ?
ane di semarang gan
Quote:Original Posted By lidahapi ?
Bingung sama kebijakan KCJ. Katanya KRL DP-THB ditambah. Iya sih ditambah, tapi pengaturan waktunya pinter banget. Jam 2 siang dari KAT-DP ada 3 rangkaian, jam 3 masih 3 rangkaian, jam 4 pas orang pulang kantor cuma ada 1 rangkaian, jam 5 pas aku pulang kantor cuma ada 2 rangkaian. Mungkin prinsipnya yang penting KRL terlihat tidak penuh dengan penumpang sampai naik ke atap so kinerja KCJ dianggap baik seiring pertambahan kereta itu. Jam siang sebelum pulang kantor bisa dipamerin tuh, kalo pas jam sibuk kan cuma 1-2 rangkaian so gak papalah penuh. Lebih pinter lagi kalo sekalian jam 4 sampai 7 malem KRL gak usah jalan aja, ntar baru jalan kalo udah jam 9 malem sampai 5 pagi pasti sepi.
Quote:Original Posted By chovin ?
bagus dong jadi ga perlu sampe pada naik-naik diatas kereta
Quote:Original Posted By botengsky ?
tapi kalo lagi ada gangguan cuaca atau rel nya longsor bisa bikin telat juga tuh gan
Quote:Original Posted By oetjoen ?
kayanya percuma kalo tarifnya ga merakyat, bakalan banyak yang kosong kayanya !
Quote:Original Posted By geri.chocolatos ?
saat ini kereta adalah moda transportasi tersinkat menurut saya...dari tanah abang menuju depok(lenteng agung) saja dalam hitungan menit sudah sampai...bandingkan dengan kendaraan pribadi tercepat di indonesia...tanah abang depok gak mungkin hitungan di bawah 30 menit...
akhir" ini saya lebih sering menaruh kendaraan di statsiun lalu melanjutkan deg krl dengan alasan efesiensi waktu dan gak terlalu capeee....
satu lagi yang harus di perhatikan oleh PT KAI DAN PT KRL yaitu :
KEAMANAN DI STATSIUN di tingkat kan
keren gan... semoga bisa mengatasi masalah kelaparan eh transportasi di jakarta yg udah padet
Quote:Original Posted By na_anonkz ?
jadwal sih emang jd lebih banyak, tp penempatan di jam sibuknya yg kurang gan,,,td pagi aja biasanya ane dpt dduk di CL jd susah cari tempat dduk. yg biasanya CL ga penuh2 amat, skrg jd membludak penumpangnya
yang penting itu banyakin kereta di jam jam sibuk.
Quote:Original Posted By super.tiote ?
wahh bagus dehh gan.. biar gak pd sumpel2an di dalem kereta
Quote:Original Posted By unconcept ?
Mantap! Jabodetabek makin macet, karena pintu perlintasan KA semakin sering ditutup
Quote:Original Posted By dpd27 ?
Td pagi ane pake kereta dari tanah abang mau ke depok nunggu dari jam 8.25 KRL Commuter Line baru dateng jam 9.05
Quote:Original Posted By noxiii ?
jgn lupa fasilitasnya juga dong
percuma 7 menit sekali kalo kenyamanannya juga gak ada
Quote:Original Posted By twisto2 ?
aduh tapi agak percuma sih, kendaraan pribadi makin banyak
Quote:Original Posted By abdie11 ?
gk yakin ane gan...
indonesia kan terkenal jam karetnya
Quote:Original Posted By TheBoneyKing ?
7 menit gundulmu, tadi pagi aja gw telat kelas gara-gara keberangkatan jam 7-an dikurangin, jam 7 yang berangkat itu jadi 7.00 sama 7.07 ada lagi 7.42 .. biasanya ada gw naek yang 7.20an dari bogor
Quote:Original Posted By jamujagos ?
ane di semarang gan
Quote:Original Posted By lidahapi ?
Bingung sama kebijakan KCJ. Katanya KRL DP-THB ditambah. Iya sih ditambah, tapi pengaturan waktunya pinter banget. Jam 2 siang dari KAT-DP ada 3 rangkaian, jam 3 masih 3 rangkaian, jam 4 pas orang pulang kantor cuma ada 1 rangkaian, jam 5 pas aku pulang kantor cuma ada 2 rangkaian. Mungkin prinsipnya yang penting KRL terlihat tidak penuh dengan penumpang sampai naik ke atap so kinerja KCJ dianggap baik seiring pertambahan kereta itu. Jam siang sebelum pulang kantor bisa dipamerin tuh, kalo pas jam sibuk kan cuma 1-2 rangkaian so gak papalah penuh. Lebih pinter lagi kalo sekalian jam 4 sampai 7 malem KRL gak usah jalan aja, ntar baru jalan kalo udah jam 9 malem sampai 5 pagi pasti sepi.
Quote:Original Posted By chovin ?
bagus dong jadi ga perlu sampe pada naik-naik diatas kereta
Quote:Original Posted By botengsky ?
tapi kalo lagi ada gangguan cuaca atau rel nya longsor bisa bikin telat juga tuh gan
Quote:Original Posted By oetjoen ?
kayanya percuma kalo tarifnya ga merakyat, bakalan banyak yang kosong kayanya !
Quote:Original Posted By geri.chocolatos ?
saat ini kereta adalah moda transportasi tersinkat menurut saya...dari tanah abang menuju depok(lenteng agung) saja dalam hitungan menit sudah sampai...bandingkan dengan kendaraan pribadi tercepat di indonesia...tanah abang depok gak mungkin hitungan di bawah 30 menit...
akhir" ini saya lebih sering menaruh kendaraan di statsiun lalu melanjutkan deg krl dengan alasan efesiensi waktu dan gak terlalu capeee....
satu lagi yang harus di perhatikan oleh PT KAI DAN PT KRL yaitu :
KEAMANAN DI STATSIUN di tingkat kan
0 komeng:
Posting Komentar