Kopi Indonesia : Tikus Mati Di Lumbung Padi

WARNING! : ID INI, BATA KOLEKTOR
-----------------------------------------------------------------------------------------


Quote:Tulisan ini berawal dari rasa prihatin saya untuk semua pecinta kopi di Indonesia, yang masih banyak belum pernah merasakan kopi terbaik dari dalam Negeri sendiri.



Banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak sadar bahwa negara kita tercinta, Indonesia. Adalah penghasil kopi terbesar No.3 di Dunia ( Setelah Brazil & Vietnam ).
Dan banyak yang tidak sadar pula bahwa. Biji kopi Indonesia yang berkualitas ( Specialty ) di ekspor keluar negeri. Banyak pula orang Indonesia yang tidak sadar bahwa kopi sachet yang sering mereka minum selama ini seperti : Kapal Aer, Pot Coffee, Tarobikar Dll. Berasal dari kopi yang berkualitas rendah. Bahkan beberapa perusahaan Kopi Sachet mencampurkan bahan asing bersatu bersama biji kopi. Seperti kopi Kapal Aer yang mencampurkan bahan Jagung agar mendapatkan rasa yang gurih dan manis.

Quote:
Kopi Berkualitas Rendah

Percayakah Agan, Kopi Sachet yang biasa agan biasa minum itu berasal dari kopi berkualitas rendah?. Coba Perhatikan baik-baik !

Harga normal biji kopi Robusta berkualitas baik yang sudah di sangrai di jual di Indonesia berkisar seharga Rp 45.000 per 250 gram. Coba di bandingkan dengan Kapal Aer. Kalian bisa menebus 250 gram bubuk kopi Robusta Cap Kapal Aer hanya dengan Rp 9000 (?). Perbandingan yang cukup "Jomplang" kan?. Hampir mustahil kalau kopi sachetan itu berasal dari biji kopi yang berkualitas baik. Karena dari Modal Biji kopi Robusta berkualitas Cukup baik yang sebelum di sangrai ( Green Bean ) Seharga 50.000 Per Kilo. ( 50000/kilo : 1/4 = 12.500 ). Jadi, Butuh Rp12.500 hanya untuk modal Green Bean nya saja, itu belum termasuk Packaging, Pemasaran, biaya sangrai,dll. Jelas rugi bila di jual dengan harga Rp9000 itu.

Perusahaan-Perusahaan kopi sachet pun mengakali nya dengan cara menggunakan biji berkualitas rendah atau bahkan menggunakan biji yang tidak lolos sortir ekspor ( di beberapa kasus pabrik lokal daerah ). Untuk menekan biaya produksi nya.

Green Bean Berkualitas Baik

Spoilerfor Green "Good" Bean:


Green Bean Kualitas Buruk

Spoilerfor Green " Bad" Bean:




Quote:

Kopi Luwak = Rp 1500....Man! You Gotta Be Kidding Me!?

Minggu pagi yang cerah Agustus 2012. Di kos-kosan, saya tidak sengaja terbangun karena kehebohan teman kamar saya " Yeah ! Akhirnya gue minum Kopi Luwak Bro !!! ". Rupanya teman saya yag satu ini heboh banget karena akhirnya membeli kopi sachet bermerk " Luwak wed ngopi " yang lagi Booming banget di Iklan TV ( Contoh korban Iklan nih ). Saya pun bertanya ke teman saya. " Harganya berapaan bro? ", lalu dengan semangat nya teman saya menjawab " Cuma 1500 Bro!, mantap nih kopi luwak nya putih lho! jadi aman di lambung :".
Saya pun langsung tidak terima dan tidak percaya. " Man! you gotta be kidding me!?, Tadi malam minggu gue minum kopi luwak di cafe. dan harga nya itu Rp 100.000 per cup ! ". Jelas, ada yang ganjil dari kopi sachet satu ini. Lalu saya rebut kemasan kopi sachet itu dan saya lihat di belakang nya dengan maksud untuk melihat bahan2 nya dan...Sungguh sangat Horror !
Spoilerfor Horror:



Berbagai macam bahasa kimia yang membuat saya pusing. untuk kopi nya hanya tercantum " GULA dan kopi rendah asam (?) " W.A.D.E.P.A.K .

Lalu saya bertanya kepada teman saya yang seorang Mahasiswa Magister di salah satu sekolah bisnis ternama di Indonesia, yang kebetulan sesama pecinta kopi. Dia memberitahu saya, kalau " Luwak wed ngopi itu, hanya nama produk dagang. mereka sama sekali tidak memakai Biji luwak kopi pilihan.itu hanya Strategy Marketing yang di namakan Positioning. Karena pada tahun itu Kopi Luwak Sedang ngeTrend. Dan ini sangat membuat saya Prihatin!, ini namanya pembohongan publik ! . Karena sangat-sangat mustahil bila biji kopi luwak pilihan di jual seharga Rp1500 per sachet!?. Karena mungkin orang awam pun tahu kalau kopi luwak itu adalah salah satu produk kopi paling termahal di dunia. Bahkan kopi luwak bisa di hargai $675 per Kilo!. Atau sekitar 6,5 juta Rupiah!. Bila di bagi per Sachet " Luwak wed ngopi " @20gram ( 6.500.000/ 1 kilo : 20gram = 130.000 ). Jadi, untuk modal biji kopi luwak nya saja berkisar Rp130.000 ! , itu belum termasuk Distribusi, Packaging, Iklan yang sangat gencar Dll.

Jadi Bisa di pastikan masyarakat Indonesia di Bodohi ._.



Quote:

Fakta di balik mitos Kopi

Di dunia terdapat dua jenis kopi yang selalu menjadi pilihan untuk di jadikan minuman, yakni : Robusta & Arabica. Kopi Robusta memiliki harga yang relatif lebih murah daripada Arabica. kopi Robusta memiliki karakteristik rasa yang cenderung kearah "Pahit". Efek dari banyak nya Kafein yang terkandung di dalam nya. Sementara itu Arabica, di hargai lebih mahal daripada Robusta, itu dikarenakan proses penanaman & pra panen nya yang lebih rumit. Dan karakteristik kopi Arabica lebih cenderung kearah "asam". Selain itu Kafein yang teerdapat di Kopi Arabica jauh lebih sedikiit jika di bandingkan dengan Robusta,Liberica,Excelsa,Dll. Bahkan di Brazil telah di temukan biji kopi Arabica tanpa Kafein sama sekali (Decaf)

Spoilerfor Perbedaan Biji Arabica & Robusta:




Beberapa kawan pernah bertanya kepada saya. " kenapa yah, kalau saya minum kopi itu, perut saya menjadi sakit. Seperti asam lambung...".
Saya tegaskan disini, hal2 yang terjadi seperti di atas itu tidak ada kaitan nya sama sekali dengan kopi ( yang bagus ). Kopi Arabica yang saya bilang asam, itu sebenarnya bukan biang keladi dari asam lambung agan. Asam yang terdapat di kopi Arabica itu hanya "Sensasi" yang terdapat di Lidah . Berikut ada 3 faktor utama yang menjadi penyebab "Asam lambung" seperti kasus di atas. :

1. Lihat dulu, anda sedang meminum kopi apa?. Kopi Sachet?...ya sudahlah tidak perlu di bahas

2. Sakit perut tersebut mungkin terjadi karena agan belum makan . Kopi itu bersifat merangsang lambung untuk bekerja, dan bila di lambung tidak ada asupan. jadilah sakit perut. Karena itu sebelum ngopi lebih baik makan dulu biar nikmat! ( Kayak ngerokok coy! : )

3. Dan yang terakhir itu, kemungkinan karena Alat kopi/ Gelas yang yang digunakan dalam keadaan kurang bersih. jangankan untuk minum kopi, untuk makan biasa saja, bisa menjadi sakit perut.


" Takut ah!, kalu banyak minum kopi nanti tidak bisa tidur >.< ". itu juga tergantung dari jenis kopi apa yang agan minum?. Zat Kafein lah yang menyebabkan orang menjadi "Kuat Begadang". Zat Kafein banyak terkandung di dalam kopi Robusta. Kopi yang banyak di temukan di kopi-kopi sachet. Sementara itu di dalam kopi Arabica hanya sedikit kandungan Kafein nya. jadi Kopi Arabica saya sarankan, bila jam tidur agan tidak ingin terganggu.

SOURCE: www.kaskus.co.id

0 komeng:

Posting Komentar