7 Hal Mengejutkan yang Dianggap Tidak Kasar di Jepang

Salam sejahtera agan - aganwati semua.



Kali ini ane mau bagi2 info soal Jepang yg punya berbagai aturan tentang etika yang terkadang bisa sangat ketat. Namun jangan khawatir, berikut adalah hal yang dianggap 'tidak apa-apa' jika kalian lakukan di Jepang.
Cekidot!


Spoilerfor SPOILER NO REPOST:


Spoilerfor 1) Berteriak di restoran:
Saat agan di restauran agan diperbolehkan untuk berteriak kepada pelayan disana. Biasanya mereka meneriakan 'Sumimasen' atau permisi. Pelayan akan segera datang dan melayani agan



Kalo ini kayanya disini juga gpp ya Gan. Ane juga sering manggil waiter sedikit teriak gitu, cuma ga sampe heboh sih hehehe. Mungkin disana maksudnya yg rada keras kali ya.



Spoilerfor 2. Mendorong dengan sengaja di kereta:
Kereta di Jepang sangatlah ramai dan sesak. Jadi kalo agan naik kereta disana dan ngedorong orang depan agan dengan sengaja itu akan dimaklumi dan agan ga akan kena omel. Namanya juga sesek.




Waduh ini nih yg lagi2 sama kaya disini. Tapi bedanya disini kalo ngedorong suka malah dimaki2 gan. Ane ngerasain banget waktu masih kuliah pake kereta dulu. Ga ngedorong kaga keangkut, ngedorong disemprot. Hih.



Spoilerfor 3) Tidak ada 'tip':
Di Jepang tidak mengenal 'Tip' dalam bentuk apapun. Malahan ngasih tip dianggap perbuatan yang melecehkan dan gak sopan. Agan bisa lebih tenang kalo lagi makan atau pergi ke spa gt, krn ga butuh ngeluarin duit buat bayar servis si pelayan. Tapi ini bisa jadi kendala buat para pelayan disana hehehe. Walaupun begitu pelayanan di Jepang disebut sebagai pelayanan terbaik di dunia.



Coba disini gitu ya Gan. Kalo ke salon jadi gausah ngasih tip lagi



Spoilerfor 4) Tidak memegangi pintu:
Di berbagai kesempatan orang Jepang seringkali tidak memegangi pintu utk orang asing ketika akan masuk ke sebuah tempat. Tidak ada budaya yg menjelaskan bahwa laki2 harus memegangi pintu utk perempuan. Ini bukan berarti mereka tidak gentleman, tapi menurut mereka ke-gentle an seorang laki2 tdk dilihat dr hal tsb.



Beuh dimari kalo ga megangin pintu kadang suka dibilangnya ga sopan ya Gan. Padahal kan gatau aja kalo kita lagi buru-buru.



Spoilerfor 5) Menghindari pertanyaan:
Orang Jepang sangat menghindari konflik. Mereka sangat berhati2 ketika mengkritik seseorang atau sesuatu.Di beberapa kasus, 'tidak' itu bisa berarti 'mungkin'. Mereka juga rentan pada pujian. Maksudnya mungkin mereka lebih suka memuji untuk membuat sgalanya positif drpd negatif. Contoh kalo mereka bilang bahasa Jepang agan bagus, bisa berarti sbenernya gak sama sekali. Di beberapa budaya di dunia hal ini tentu dianggap tidak baik krn orang lain bisa saja tersinggung dan merasa dibohongi. Mengatakan sesuatu secara langsung dianggap kasar, akan tetapi di negara lain tidak mengatakn langsung dianggap sangat kasar. Tapi ini tidak berarti orang Jepang tidak mengungkapkan pikiran dan pendapat mereka.



Kita emang harus pinter2 liat sikon sih Gan. Kalo omongan manis bisa bikin keadaan lebih baik ya mending dibikin manis aja daripada runyem



Spoilerfor 6) Makan sushi pake tangan:
Kalo disana agan lagi nyushi sangat diperbolehkan pake tangan buat makannya. Tapi hal ini biasanya lebih banyak dilakukan oleh laki2 ketimbang perempuan.



Kebawa sampe sini sih cuma masih banyak yg so elegan pake sumpit juga makannya (termasuk ane)



Spoilerfor 7) Slurrping:
Kalo lagi makan mie kaya ramen, udon dan soba di Jepang. Jangan sungkan untuk me-slurpppp nya dengan sekencang mungkin. Disana kalo kaya gini dibilangnya menghargai koki disana jadi gpp.



Kalo dimari begini udah dikasih tatapan2 sinis orang2 di restoran kali yak kecuali makan sendiri di kosan



Udahan dulu ya Gan. Semoga infonya bermanfaat.
Kalo boleh mah minta ijo ijonya gan heheheh

Salam olahraga!


SUMBER

THREAD ANE YG LAEN : PELEM ANTI-MAINSTREAM BUAT PILIHAN NONTON

2 komeng:



  1. 素敵なブログですが、いつか7衝撃的なこと。

    tirenavi.jp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus