------ PERENCANAAN HIDUP ------
Perencanaan adalah hal yang sangat penting dalam setiap kegiatan yang akan anda lakukan.
Tidak peduli apa profesi anda entah pengusaha, wiraswastawan, olahragawan, mahasiswa atau pelajar.
" Perencanaan yang baik menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dan kegagalan anda "
Anda membuat perencanaan tidak hanya saat anda mengerjakan proyek besar, tetapi hal-hal sederhana seperti liburan, pesta ulang tahun atau pertandingan olahraga, semua itu memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang untuk mencapai hasil yang maksimal.
Seperti kata pepatah :
" ... by failing to prepare, you?re preparing to fail ... By failing to plan, you?re planning to fail ... "
Berikut ini adalah 10 manfaat memiliki rencana dalam hidup anda
1. Sebagai Panduan Dalam Membuat Keputusan atau Bertindak
Inilah salah satu tujuan utama mengapa anda harus memiliki rencana dalam hidup KARENA rencana memberi anda panduan kemana arah anda berjalan.
Anda juga akan lebih mudah saat mengambil keputusan, karena anda memiliki pegangan hidup supaya keputusan anda tidak membuat anda melenceng dari tujuan.
Bayangkan jika anda tidak memiliki rencana, anda akan seperti orang yang tersesat karena anda tidak memiliki sesuatu yang bisa menuntun anda ke tujuan anda.
Apa anda bisa membangun sebuah gedung 20 lantai dengan langsung membuat pondasinya, tanpa membuat desainnya terlebih dahulu ? Tentu tidak.
2. Mengetahui Perkiraan Modal Yang Dibutuhkan
Dengan terlebih dahulu membuat perencanaan, anda bisa mengetahui seberapa banyak kira-kira modal yang anda butuhkan untuk merealisasikan rencana anda.
Tanpa perencanaan anda akan kesulitan untuk memperkirakan pengeluaran anda.
3. Membuat Anda Memiliki Target
Setiap rencana pasti memiliki target yang harus anda capai, entah per jam, per bulan, atau per tahun dan itu akan membawa hidup anda ke level selanjutnya ketika berhasil dicapai.
Akan sangat menyedihkan apabila anda tidak memiliki target dalam hidup, karena anda tidak memiliki sesuatu untuk diperjuangkan.
4. Membantu Anda Untuk Tetap Fokus
Adakalanya saat anda bekerja, anda akan menghadapi gangguan-gangguan yang membuat anda kehilangan fokus dan berjalan ke luar dari jalur.
Nah, dengan memiliki rencana, anda dapat dengan mudah untuk kembali ke jalur yang benar.
Caranya adalah dengan mengingatkan diri anda sendiri bahwa anda memiliki pekerjaan yang harus anda selesaikan dan target yang harus anda capai agar rencana anda dapat berjalan dengan baik.
5. Membuat Anda Untuk Tetap Termotivasi
Semakin banyak yang bisa anda selesaikan dari rencana anda, membuat anda semakin termotivasi untuk melangkah dan motivasi yang besar itu akan meningkatkan produktivitas anda juga.
Kombinasikan rasa puas terhadap keberhasilan anda itu dengan impian-impian seperti ingin membahagiakan orang tua dan pasangan, ingin memiliki keluarga yang bebas masalah finansial, atau ingin berkeliling dunia, maka saya yakin motivasi anda akan semakin berlipat ganda.
6. Siap Untuk Hal-hal Yang Buruk
Keuntungan lain memiliki rencana adalah anda sudah memiliki tindakan preventif, antisipatif, dan alternatif ketika rencana utama anda tidak berjalan sesuai dengan yang anda harapkan.
Jika sesuatu yang buruk terjadi (misalnya perubahan pasar, krisis ekonomi, perubahan cuaca, dll), anda mampu beradaptasi dan bertindak sesuai dengan situasi.
Ini merupakan hal yang penting, karena di dunia ini sesuatu yang buruk bisa datang kapan saja dalam bentuk apapun.
Tentu saja supaya anda bisa tetap survive, anda harus mempersiapkan rencana anda secara matang.
7. Dapat Memanfaatkan Waktu Secara Efektif
Waktu adalah sesuatu yang tidak bisa anda putar kembali, jadi anda harus memanfaatkannya secara efektif.
Perencanaan dan pengaturan timeline yang baik akan SANGAT membantu anda untuk melakukan itu karena anda sudah tahu kapan harus mengerjakan ini dan itu dan kapan harus beristirahat.
Pemanfaatan waktu yang efektif akan membuat anda lebih cepat mencapai tujuan hidup anda.
8. Dapat Menggunakan Sumber Daya Secara Efektif
Ketika anda bekerja di lingkungan yang serba terbatas, anda akan mampu untuk memanfaatkan segala sumber daya baik modal maupun SDM secara maksimal.
Seberapa efektif anda memanfaatkan sumber daya yang anda punya akan sangat menentukan output/hasil akhir yang anda terima.
Prinsipnya adalah mengeluarkan sedikit, hasil lebih besar (Spend less, Greater Result).
Dengan perencanaan anda bisa melakukannya sejak awal anda melangkah.
9. Mengurangi Resiko dan Ketidakpastian
Tentu saja tidak ada yang pasti di di dunia ini dan resiko selalu ada saat anda melakukan sesuatu.
Namun, dengan perencanaan yang baik, anda dapat mengurangi kemungkinan hal buruk terjadi secara signifikan.
Karena seringkali, meskipun bukan satu-satunya faktor, hal yang buruk terjadi karena kurangnya perencanaan dan persiapan.
10. Membuat Anda Lebih Tenang Dalam Bertindak
Tidak adanya perencanaan dan persiapan, akan membuat anda tegang dan gelisah saat bekerja.
Dengan merencanakan segala sesuatunya terlebih dahulu, secara psikologis anda akan lebih merasa tenang karena anda yakin bahwa anda sudah siap.
0 komeng:
Posting Komentar