Sepeda Motor Pertama di Indonesia


Sepeda Motor Pertama di Indonesia

Probolinggo yang seringkali dipandang biasa saja ternyata menyimpan sejuta sejarah yang luar biasa. Salah satunya adalah sebagai tempat hadirnya sepeda motor pertama di Indonesia. Sebagaimana disebutkan dalam sejarah, sepeda motor rupanya sudah hadir di Indonesia sejak jaman pendudukan Belanda yang saat itu masih bernama Hindia Timur (Oost Indee).

Sebuah cacatan sejarah menyebutkan, sepeda motor telah hadir di Indonesia sejak tahun 1893 –atau 117 tahun yang lalu. Uniknya, walaupun pada saat itu Indonesia masih dibawah pendudukan Belanda, orang pertama yang memiliki sepeda motor di Indonesia bukanlah orang Belanda, melainkan orang Inggris.

Adalah John C. Potter yang sehari-hari bekerja sebagai masinis pertama di Pabrik Gula Oemboel (baca: Umbul) Probolinggo, Jawa Timur-lah yang memiliki sepeda motor pertama itu.

Spoilerfor De Duivelswagen:

Dalam buku Krèta Sètan (De Duivelswagen) dikisahkan bagaimana John C. Potter memesan sendiri sepeda motor tersebut dari pabriknya Hildebrand und Wolfmuller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor pesanan Potter itu tiba pada tahun 1893, satu tahun sebelum mobil pertama tiba di Indonesia. Dan hal tersebutlah yang membuat Potter menjadi orang pertama di Indonesia yang menggunakan kendaraan bermotor.

The Hildebrand & Wolfmüller merupakan sepeda motor produksi pertama di dunia. Heinrich dan Wilhelm Hidebrand adalah insinyur mesin uap sebelum mereka bergabung dengan Alois Wolfmüller untuk memproduksi sistem pembakaran internal mereka untuk Motorrad di Munich pada tahun 1894 [1].



Pada awal tahun 1960-an, skuter Vespa masuk Indonesia disusul dengan skuter Lambretta pada akhir tahun 1960-an. Pada masa itu, masuk pula sepeda motor asal Jepang, Honda, Suzuki, Yamaha, dan belakangan juga Kawasaki.
Spoilerfor Spesifikasi:

Spesifikasi:

Manufacturer
Hildebrand & Wolfmüller
Production
1894–1897
Engine
1,489 cc (90.9 cu in) two-cylinder water-cooled four-stroke, surface carburetor
Bore / Stroke
90 mm × 117 mm (3.5 in × 4.6 in)
Top speed
28 mph (45 km/h)
Power
2.5 bhp (1.9 kW) @ 240 rpm
Ignition type
Hot tube
Transmission
Direct drive via connecting rods
Frame type
Steel tubular
Brakes
spoon brake, friction against front tire
Tires
pneumatic, front 26 in (66 cm), rear 22 in (56 cm)
Weight
110 lb (50 kg) (dry)

Spoilerfor Sumber:


Spoilerfor Silahkan:

dagangan ane klik yang dibawah gan...
Happy Life Original by Jungong
Price:
1 set = Rp.10.000,-/set
10 set = Rp.8.500,-/set
100 set = Rp.7.500,-/set
300 set = Rp.7.500,-/set + Spanduk

SOURCE: www.kaskus.co.id

0 komeng:

Posting Komentar