[SHARE] MANTAP GAN, Kreasi Alternatif Menikmati Sejarah Indonesia, Masuk Gaaaannnnnn

Quote:Halo gan. Semoga kabar agan/aganwati baek2 aja. Hehe..
Hari ini ane mau share tentang macam Ide Kreatif Mengemas dalam Sejarah gan. Ini ane mau tulis karena ane punya ade Anak Sejarah di Kampus Depok, doi cerita-cerita pengemasan sejarah gitu gan. Ane mulai ya gan.


Siapa sih anak sekarang yang demen sama pelajaran sejarah? Pasti sedikit dan segmented.
Alesannya jelas;

Pertama, sejarah itu ngebosenin, karena siapa sih anak muda jaman sekarang yang konsen banget sama sejarah? Jaman sekarang sedikit banget yang peduli sama sejarah, karena bayangan mereka pasti ngapalin tanggal, peristiwa, dan orang2 yg udh pada mati.

Kedua, pengemasan sejarah membosankan. Ini bikin anak muda makin sedikit yg aware ama sejarah. Sejarah paling banyak ditulis dalam bantuk buku, jurnal, atau artikel. Sedangkan di Indonesia, minat orang baca buku masih rendah.Sumber

Itu dua alesan kenapa sejarah kurang diminati sama anak muda jaman sekarang.


Beberapa akibat yang udah mulai kelihatan nih gan karena kita kurang peduli dan cenderung melupakan Sejarah bangsa kita sendiri diantaranya masyarakat sekarang, khususnya anak muda banyak yang tau kalo dia orang indonesia tapi tidak mengenal ke-Indonesiaannya , tidak hapal Pancasila, bahkan ga bisa nyanyi lagu kebangsaan, disintegrasi bangsa contoh, timor timur, papua (OPM), aceh (GAM), menurunnya rasa bangga terhadap tanah air, dll, bangsa lupa sejarah itu bunuh diri gan , karena sejarah itu pondasi dan identitas suatu bangsa Sumber

Padahal, Bung Karno pernah bilang " Jas Merah! Jangan sekali-sekali melupakan sejarah!"
Miris gan!

Tapi gan, ternyata setelah ane liat-liat, ada lho gan pengemasan sejarah yg menarik, yang keluar dari pakem belajar sejarah yang telah ada selama ini, bahkan beberapa bermain di ranah kesenian, sastra, budaya, bahkan fashion, ini juga yg bisa bikin anak muda jadi aware sama sejarah, bahkan ga sadar klo mereka lagi liat kisah sejarah. Ane share satu satu.


Quote:1. Film
Sekarang film yg ambil tema sejarah banyak banget gan, dan itu ngejual banget ternyata. Mulai dari genre heroik sampe genre romantik. Contohnya aja nih gan, ada Sang Pencerah karya Hanung Bramantyo, Soegija karya Garin Nugroho, Titanic bikinan James Cameroon, atau Ca Bau Kan karya Nia Dinata, Gie karya Riri Riza dan Mira Lesmana

Spoilerfor FILM TEMA SEJARAH:





Quote:2. Musik
Banyak banget grup musik yg bawa unsur jaman dulu dalam musiknya. walaupun secara lirik tidak mengandung unsur sejarah, tapi nuansa yang dibangun sama band-band ini sangat retro dan Sejarah. Contoh gampangnya nih gan, ada White Shoes and The Couple Company; Naif; Club80's, bahkan Noah dengan lagu Raja Negeriku.

Spoilerfor Band:






Quote:3. Novel Fiksi-Sejarah
Ini juga banyak gan, contohnya ada Da Vinci Code karya Dan Brown , Gajah Mada karya Langit Kresna, Sang Pemula, Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer, Rahasia Meede karya Es Ito

Spoilerfor Novel Fiksi-Sejarah:







Quote:4. Teater
Ga cuma musik, novel dan film. Teater juga jadi sarana pengemasan sejarah jadi lebih menarik. Di tempat ade ane kuliah ada Teater Masalalu. Nih teater selalu bawain tema-tema sejarah di acaranya.

Spoilerfor Teater:






Quote:5. Clothing/Fashion
Ane pikir udah abis. Pas ane searching2 gitu, ada juga clothing T-Shirt yg ngemas populer tema-tema sejarah.
Ane temuin namanya SOEKITMAN CLOTH STORY. Kayaknya sih baru mulai gan. Tapi yg aware sama beli keliatannya banyak. Ane dapet info dari akun twitter @MuhGilangS di harstag #SoekitmanClothStory, nama akun clothingannya @Soekitman gan. Nih penampakan desain mereka yang ane ambil dari FBnya disini gan FB PAGE .

Spoilerfor Clothing/Fashion:












Quote:Itu aja gan yang berhasil ane temuin. Semoga bermanfaat ya gan. Yang pasti, jangan sampe jasa-jasa zaman dahulu dilupakan sama kita-kita. Ada kuotes yg bagus nih gan, "bangsa yang besar adalah bangsa yg menghargai jasa para pahlawannya"...

Quote:nih gan beberapa video yang berkaitan sama sejarah namun dikemas dengan cara menarik

Pidato Bung Karno, Menggugah Banget Gan


Sejarah Menarik


Sejarah Batavia


Quote:Agan-agan, jangan lupa komeng sama cendolnya yee.. sama

Quote:BANGKIT INDONESIA !!!!!

SOURCE: www.kaskus.co.id

0 komeng:

Posting Komentar