Permisi gans,..
ijin ngeshare jagoan ane di game Gran turismo 4 nihh


Mazda 787b adalah mobil yang dibuat mazda untuk mengikuti gelaran WSC (World Supersport Championship), All Japan Sport Prototype Championship serta even akbar 24 Hours of le Mans pada tahun 1990 sampai 1991. Sejak dimulai dari tahun 1923 dan 23 pabrikan yang berhasil menjuarainya, terhitung hanya 1 pabrikan dari Jepang yang berhasil menjuarainya : Mazda. Padahal, banyak pabrikan Jepang lainnya yang terhitung lebih besar, misalnya Toyota & Nissan. mesin yang digunakan oleh mazda 787b adalah mesin rotary quad rotor r26b

http://pedal2themetal.files.wordpres...m_16.jpg?w=600

mesin ini sangat istimewa, karena mesin 26B memiliki kelebihan dalam efisiensi, kurva tenaga serta ketahanan mesinnya yang luar biasa. Teknologi-teknologi baru juga diterapkan dalam mesin dengan gearbox 5-percepatan dari Porsche ini, seperti penggunaan 3-busi untuk setiap rotor.
Dengan tenaga fantastis, 900hp@9000rpm dan hebatnya tenaga fantastis tersebut ditanpa turbo alias normally aspirated, bandingkan dengan nissan r90ck yang 1000hp namun berturbo (namun direstriksi sampai 700 hp demi durabilitas balap), .. mesin ini tentu pas untuk kebutuhan balap ketahanan. Sayangnya, ada harga yang harus dibayar : Suara mesin paling memekakan yang dibuat oleh umat manusia, dan siap menghancurkan gendang telinga.


namun hasil kerja keras tim mazda demi sebuah mahakarya terbayar pada le mans 1991,.. dengan joki J herbert mazda berhasil menjuarai le mans mengalahkan keperkasaan sauber c11 yang dikemudikan M. Schumacher. namun sekarang keperkasaan mesin rotary sudah tak lagi terdengar di telinga dengan ditutupnya kelas monster "grup C", tetapi kehebatan mesin rotary titisan mesin 787b masih bisa dirasakan di mesin mazda rx series.. suara nya yang merdu dan melengking menjadi keunikan tersendiri dari mesin rotary ini.



sumber: pedal2the metal.wordpress