Ini Dia 10 Fakta Menarik tentang Suku Maya....

Bantu Rate Dulu Gan

Quote:Quote: Fakta Menarik Suku Maya


Quote:Quote:Nama Suku Maya menjadi semakin akrab di telinga kita ketika mereka membuat prediksi tentang kiamat. Setidaknya, 10 fakta menarik dimilik oleh Suku Maya
Berikut ulasannya

Quote:Quote:Rumitnya Sistem Numerik Suku Maya
Quote:
Kalender Suku Maya

Quote:Seperti dapat diihat di kalender Maya, suku ini memiliki perhitungan yang begitu panjang dengan menetapkan angka nol sebagai patokan. Disinyalir, ide menggunakan angka nol sebagai patokan merupakan pengaruh dari Babylonia.

Penggunaan angka nol sebagai patokan diadaptasi oleh Suku Maya. Kemungkinan, awal mula penggunaan tersebut bermula di abad ke-4. Angka nol pada kehidupan Suku Maya sering digambarkan dengan bentuk kerang.

Sistem numerik Suku Maya pun menggunakan angka-angka yang merupakan faktor dari angka 20. Jadi, penomoran suku maya terdiri dari 1, 20, 400, dan seterusnya. Untuk menulis angka 403, Suku Maya akan menggunakan simbol untuk satu unit 400, nol unit 20, dan tiga unit 1.


Quote:Quote:Dunia Maya Runtuh secara Misterius
Quote:
Reruntuhan Maya

Quote:Tidak ada satupun yang tahu pasti mengapa terjadi penurunan peradaban Maya ketika itu. Dimulai pada abad ke-8 yang kemudian berlanjut di abad ke-9 kemudian kota Maya pun hancur.

Orang-orang meninggal dan ada pula yang pergi meninggalkan kota ini, padahal budaya yang dikembangkan sudah cukup baik. Irigasi, pertanian, astronomi, teknik bangunan, dan struktur sosial yang begitu baik pun runtuh.

Teori-teori yang berkembang menyebutkan jika perang meningkat di beberapa daerah Maya. Populasi terlalu banyak sehingga berdampak pada kerusakan lingkungan dan perubahan iklim. Namun, teori lain juga menyebutkan jika adanya ketidakseimbangan antara kehidupan kerajaan dan rakyatnya.


Quote:Quote:Piramida Maya, Buah Karya Pemikiran Astronomi
Quote:
Piramida Chichen Itza

Quote:Bukanlah sebuah rahasia jika masyarakat Suku Maya memiliki pengetahuan astronomi yang begitu baik. Kecanggihan pemikiran astronomi masyarakat ini dapat dilihat dari struktur bangunan yang dibuat.

Sebuah kuil bernama El Castillo atau Temple of Kukulcan dan piramida di Chichen Itza adalah salah satu struktur bangunan Maya yang mencerminkan sebuah peristiwa astronomi. Di sepanjang sisi Kukulcan akan terlihat bayangan bergelombang seperti ular akibat sudut matahari yang mengenai sembilan teras utama.

El Caracol di Chichen Itza dikenal sebagai tempat observatorium yang terkait dengan Planet Venus. Tangga depan di bangunan ini menargetkan posisi Venus ketika berada di bagian paling utara. Sudut-sudut bangunan ini sejajar dengan posisi matahari terbit di musim panas dan matahari terbenam di musim dingin.


Quote:Quote:Sepakbola "Berdarah", Budaya Maya Junjung Keadilan
Quote:
Sepakbola ala bangsa Maya

Quote:Masyarakat adat Suku Maya menyukai permainan sepakbola. Keadilan sangat dijunjung tinggi dalam permainan tersebut. Setiap tim akan berusaha keras mengalahkan tim lawan.

Bola yang digunakan dalam permainan sepakbola Suku Maya terbuat dari karet keras. Yang menyeramkan, pendapat para ahli menyebutkan jika tengkorak manusia bisa saja terdapat di dalam bola tersebut.

Permainan adalah kacamata budaya yang diikuti dengan pengorbanan manusia. Panduan yang digunakan dalam sebuah permaianan di Tikal (salah satu situs arkeologi terbesar dan pusat kota dari Peradaban Maya pra-Columbus) sangat menjunjung tinggi sebuah perjuangan. Bahkan, merupakan sebuah kehormatan jika gugur di dalam sebuah permainan di Tikal.

0 komeng:

Posting Komentar