Copenhagen, City of Cyclists
Alhamdulillah
Hot Threads Pertamax Ane gan
Thanks to kaskus
Quote:
ikut memeriahkan kelahiran green lifestyle forum kaskus ya agan-agan!!!
Salah satu permasalahan kota-kota besar di Indonesia adalah kemacetan, polusi. Penggunaan kendaraan bermotor yang berlebihan juga menyebabkan subsidi BBM yang akhirnya tidak efektif dan efisien. Selain itu, fenomena kemacetan memaksa warga khususnya Jakarta berangkat bekerja pagi-pagi menggunakan kendaraan pribadi untuk menghindari kemacetan.
Dampaknya? jarang olahraga, menghirup polusi tiap hari... hidup menjadi tidak sehat
Salah satu solusinya adalah :
Quote: Karena masih banyak yang nggak baca sampe akhir, ane taruh atas deh. ini hanya pemikiran sesaat TS buat yang ngerasa kantornya jauh jadi nggak bisa bike2work
Ide TS buat goweser yang ngerasa kantornya jauh
Disini TS tidak hanya mengajak kaskuser untuk bersepeda, tapi disini TS juga ingin menshare salah satu kota yang berhasil menjadikan kotanya sebagai cycling city, yaitu
COPENHAGEN
Copenhagen merupakan ibukota denmark dengan penduduk yang berjumlah 1,213,822. Saat ini copenhagen terkenal sebagai "the most bicycle friendly city in the world".
bagaimana kehidupan bersepeda di copenhagen?
pada tahun 2010, 35% masyarakat menggunakan sepeda untuk pergi bekerja dan sekolah dan hanya 26% yang menggunakan mobil pribadi.
kalau dilihat dari warga asli copenhagen. 50% warga asli menggunakan sepeda untuk bepergian!!
Bagaimana Copenhagen menciptkan kota bersepeda yang berhasil?
infrastruktur! jalur sepeda yang nyaman dan aman menjadi salah satu faktor keberhasilan. Hal itu didukung keberadaan parkir yang aman.
salah satu kritik pada copenhagen adalah lahan parkir yang sudah kurang memadai.
Selain itu, terintegrasinya transportasi umum dengan sepeda menjadi faktor kunci keberhasilan copenhagen.
tambahan
Quote:
Belajar dari copenhagen, apa bisa indonesia khususnya kota besar seperti Jakarta dan Surabaya menerapkannya?
bisa!! saat ini beberapa kota sudah menerapkan jalur sepeda. tapi apa yang terjadi? tidak ada pengguna, sehingga jalur tersebut tetap digunakan oleh sepeda motor. jalur tersebut hanya digunakan pada waktu tertentu seperti pada sabtu-minggu pagi.
surabaya
bandung
"Tambahan"
Jogja
ini nih ada aneh. sepeda kan nggak secepet motor dan mobil apalagi pas kecepatan awal. ijo baru sedetik udah diklaksonin. malah bikin lampu lalu lintas nggak efektif. sekali sesi ijo bisa-bisa cuma 1-2 sepeda sama 1-2 mobil yang lewat.
Quote:Original Posted By bonekprdna ?
di Bandung juga ada loh shelter persewaan sepeda dari komunitas bike.bdg punya pak ridwan kamil. sayang pemerintah belum terlihat mendukung keberadaan shelter ini.
walaupun minim, di indonesia udah ada penunjang pesepeda, sekarang masyarakat perlu memanfaatkannya dan mendorong pemerintah buat meningkatkannya karena kita membutuhkan
Semua bergantung pada demand yaitu kita sebagai pengguna sepeda. ubah cara berpikir kita.
jangan sampai pemerintah membangun infrastruktur sepeda untuk mengajak masyarakat menggunakan sepeda. Tetapi kita paksa pemerintah membangun infrastruktur sepeda karena melihat kebutuhan kita akan infrastruktur tersebut.
Quote:Banyak banget kaskuser yang mengeluh sulit dilakukan di Indonesia khususnya Jakarta dan Surabaya karena panas, fasilitas yang nggak memadai dan Tempat Kerja / Kampus Jauh banget!
TS punya solusi buat kalian goweser supaya tetep bisa melakukan bike to work tanpa harus mengeluh rumah yang jauh dari kantor / kampus / sekolah.
[Solusi] Jauh bukan jadi alasan untuk tidak Bike to Work
Quote:
jangan lupa di
TS juga nggak menolah kalau dikasih
handout (pdf) Copenhagen as cyclists city, bicycle account 2010
wikipedia.org
some image by google
Quote:
mampir ya gan
hidup sehat dengan taman kota
dunia pokemon di kehidupan nyata, di Indonesia gan!
Kata mutiara dari meowth si pokemonnya team rocket
0 komeng:
Posting Komentar