Cara Ampuh Mengatasi Kuku Cantengan

Sebelumnya ane minta maaf kalau ada yang tersinggung.

semoga gak

Diantara agan2 semua pasti ada donk yang pernah cantengan. Kalau lagi cantengan itu rasanya situasu banget. Cenut2 gimana gitu. Kebanyakan cantengan terjadi pada kuku jempol kaki, bisa karena kotor atau kuku yang menusuk ke bagian daging kuku. Jadi infeksi deh.
Buat yang lagi dan akan cantengan, ane kasih tips deh.

Spoilerfor tips:
Kuku cantengan atau kuku bernanah, disebut juga Paronychia adalah infeksi kulit, biasanya terjadi di dasar kuku jari tangan atau jari kaki. Bisa terjadi biasanya disebabkan oleh gigitan serangga, kebiasaan menggigit kuku, sehingga terjadi infeksi oleh jamur, bakteri, dsb. Tips mengatasi kuku cantengan ini sangat efektif untuk meringankan rasa sakit, bengkak, kemerahan, dan nanah di sekitar kuku.

Berikut Cara Ampuh Mengatasi Kuku Cantengan :

Perendaman dengan Air hangat

Cara ini merupakan langkah awal mengatasi cantengan ketika cantengan tersebut baru mulai dengan tanda-tanda terasa sakit daerah sekitar kuku, teraba hangat, kemerahan dan bengkak, teraba keras.

Lakukan perendaman kuku yang terkena cantengan dengan air hangat bercampur garam dua atau tiga kali sehari selama 15 menit. Perendaman mengurangi pembengkakan dan rasa sakit sehingga membantu penyembuhan. Kompres hangat pada kuku jari tangan atau jari kaki juga dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak.

Krim Antibiotik

Krim antibiotik topikal, contohnya krim Gentamisin dan Klindamisin, yang dioleskan pada daerah yang terinfeksi dapat menyembuhkan cantengan ringan. Terkadang Cantengan yang lebih berat memerlukan antibiotik oral jika perendaman dengan air hangat dan antibiotik topikal saja tidak cukup untuk mengobati infeksi.

Insisi dan drainase

Cara ini dilakukan untuk kuku cantengan yang sudah bernanah, dimana cairan nanah tertahan di bawah kulit atau di bawah kuku yang terasa sakit berdenyut, ngenyut atau nyut-nyutan, bengkak dan teraba lunak (fluktuasi + ).
incisi atau sayatan pada cantenganincisi pada cantengan

Untuk menghindari rasa sakit, Bila diperlukan dilakukan pembiusan lokal dengan teknik blok anastesi terlebih dahulu. Kemudian, buatlah sayatan kecil “insisi” pada permukaan kulit yang bernanah, tentunya menggunakan alat-alat yang steril kemudian cairan nanah dikeluarkan dan dibiarkan mengalir “drainase” (jangan langsung ditutup luka sayatannya sampai beberapa hari).

Sebaiknya cara ini dilakukan oleh profesional, dokter misalnya. Karena apabila tidak ditangani dengan benar malah membuat infeksi makin menyebar.

Sumber : http://mediskus.com/tips/cara-ampuh-...#ixzz2XUfoMPMq


Spoilerfor kuku cantengan:


Tambahan nih gan:
Quote:Original Posted By Trezna89 ?
ane dlu waktu SMA pernah gan,bner bgt pke air anget(lbh pans dkit jg gpp) kasih garam,.trus ditusuk(jarumnya di bakar dlu katnay biar steril) pke jarum biar nanahnya kluar,
yg jelas jaga kebersihan kuku(kaki) alhamdulillah ane da sembuh
-ganti tiap hari kaos kaki(minimal 2 kali sehari)
-potong kuku minimal seminggu sekali
-potong kuku jgn trlalu dalm ntr nusuk daging lg
-klo mau tdr jgn lpa cuci kaki dlu ya(kmn klo lg tdr breaksinay lbh besar) *muslim mah wudhu aj lbh baik,smua ke cuci(muka,kuping,hidung,tangan,kaki,)
-klo lg mandi dsikat kukunya pake sikat gigi
-sesekali remdam kaki pake air anget yg udh dkash garam ato ada obtnya diapotek.

kaki sehat cerminan yg Pria yg baik
xixixi..pekiwan ya gan


Kalo gak coba yg ini gan..mantab
Quote:Original Posted By kolo.bendono ?
Kalo kata emak dulu dimasukin vantat ayam gan...

dijamin ada ...........................ada e****eknya..

Penjelasannya gan
Quote:Original Posted By alillien ?

bisa sembuh gan Memang sih pasti awalnya pasti mikir kalo malah tambah infeksi, sebenarnya di dalem kotoran ayam itu ada antibiotik alami dari ayam itu sendiri Kotoran sapi juga bisa .. Info ini ane dapet dari guru ane


ada solusi tambahan nih, kayaknya agan ini dokter deh..
Quote:Original Posted By ramour ?
Hahaha lagi ngebahas cantengan yaa,,
Cantengan itu ada 2, yg belum infeksi namanya ingrown toenail
Sedangkan yang udah infeksi ampe bernanah namanya paronikia
Penyakit ini karna memang merupakan kelainan anatomis kuku pasti sering kambuh2an,, salah satu cara paling populer adalah teknik bedah yg namanya roserplasty, teknik ini ngambil kuku ampe ke akar2nya tapi biasa nya cuma sedalam akar dari 1/3 lateral (pinggir) kuku,, kalo saran ane mending di roserplasty aja sakit bentar abis itu ga bakal kumat2 lg deh


agan ini ngeri gan, ampe operasi

Quote:Original Posted By prmamarchel ?
ane waktu itu cantengan 3 tahun gan! jempol kaki kiri-kanan,yg kanan 3 tahun yang kiri 1 tahun ampe berdarahdarah gan! ane udah pasrah gan,dibawa kedokter ga sembuh" katanya mesti di operasi,ane takut operasi lagi pula ane kalo operasi bisa muncul lagi cantengannya
tapi sekarang ane sembuh,caranya kalo ane sih pake....SILET! buat motong kuku yg nancep trus abis itu kukunya dicabut pake pinset yg lancip,ane ngelakuinnya sendiri,kadang" ampe 2 jam buat nyabutnya doang,pas kecabut agan lap cantengannya pake tisu trus kasih betadin.INGET GAN! CANTENGAN GA BOLEH KENA AIR,kalo kena malah lama sembuhnya,setiap mandi kaki ane angkat sebelah
alhamdulilah sekarang bisa main futsal
tapi sekali kali bekas cantengannya nacep gan

kalo bisa ditaro di pegwan gan
trik ane mesti butuh nyali dan keyakinan sembuh gan,kalo setengah" malah fatal!
ini hasil operasi sendiri agan prmamarchel
Quote:Original Posted By prmamarchel ?




tuh gan bekasnya


Tip tambahan gan,,
Quote:Original Posted By cacancacanz ?
di rendem ama bensin gan, ane dah 2x coba .. berhasil


info dr agan2 yg lain
Quote:Original Posted By gue77 ?
Kalo infeksi bernanah, bisa pakai lintah gan buat hisap nanah dan darah kotornya, ga sakit dan ga pake lama paling sekitar 5 sampai 15 menit sudah kempes bengkaknya.
Cantengan juga bisa karena kuku yang masuk ke sisi daging jempol dan infeksi, untuk menguranginya bisa di kompres pakai rivanol. Caranya basahkan kapas dan perban jempol dengan kapas yang sudah di rivanol sampai 1 atau 2 jam setelah itu diberi salep gentamicin atau garamcyn untuk infeksinya dan bisa diulang sampai merasa lebih baik. Sebaiknya bila ada kuku penyebab cantengan mungkin karena salah potong sehingga tumbuh kembali tidak normal biasanya tajam dan menusuk samping daging jempol kaki di usahan untuk dipotong bagian yang menyebabkan infeksi tersebut. Salah satu tujuan kompres kuku untuk melunakkan kuku tersebut.


Quote:Original Posted By bona406 ?
klo ane pernah dapet saran dr cleaning service di RSPAD Gatot Soebroto pake lilin gan..tetesan aer lilin ditaro ke daerah cantengannya..sempet ane coba sih..dan beberapa hari kemudian berhasil


Ada yang punya saran buat agan yg satu ini???
Quote:Original Posted By ObatBT ?
taro pekiwan gan, ane lg cantengan nih, tips dari agan semua dah ane lakuin sebelumnya, sampe pake minyak tanah, jahe, dll. tapi gk sembuh2, akhirnya ane operasi kecil dah, kata nyokap ane cuma separo doank kukunya yg diambil, gk taunya pas ampe dokter malah satu kuku dicabut semua, sekarang dah 2 minggu luka ane kgk sembuh2, kagak kering2, dah diguyur rivanol juga kgk kering2, dah minum obat radang, antibiotik ampe abis obatnya jg kgk kering2. sekarang ane lg pasrah sambil browsing2 lg cara yg ampuh buat nyembuhin luka ane.

Bagi yang cantengan, segera disembuhkan ya gan. Biar tidak mengganggu.
Jangan lupa ya gan, buat persiapan puasa.

SOURCE: www.kaskus.co.id

0 komeng:

Posting Komentar