7 Makhluk yg Membuat Hari Agan di Kamar Kos Lebih Indah (No BB)

Thread ini terinspirasi dari mulai banyaknya teman ane (yang notabene anak kos) mencoba hobi memelihara ikan air tawar, baik itu aquascape maupun aquarium biasa. Ga tau kenapa sejak ane dan temen-temen mulai nekunin hobi ini rasanya kamar kos jadi lebih pewe aja bawaannya, hari-hari lebih indah, emosi lebih terkendali, dsb.

Spoilerfor "Ilustrasi":




Spoilerfor "Ilustrasi":




Spoilerfor "Ilustrasi":




Hobi ini cocok banget buat anak kosan karena:
1. Ukuran aquarium bisa disesuaikan dengan ukuran kamar
2. Ngurasnya gampang (Ganti 25% air tiap 2 minggu juga sah)
3. Biaya starter & perawatan relatif murah (Ikan yg Rp2.000,00/ekor juga ada)
4. Bikin hati tenteram (Kalo dasarnya mental rusuh ya ga mempan sih)
5. Suara gemericik air yang bisa meningkatkan prestasi belajar.

Thread ini ane buat dengan tujuan supaya ane bisa sharing makhluk-makhluk air tawar favorit para anak kos (versi ane). Thread ini juga ane tunjukan terutama untuk para kaskusers yang sama-sama masih awam banget soal hobi ini, atau yang lagi pingin cari referensi tentang hobi yang sekaligus bisa memperindah ruangan kamar kos agan-agan.

Oke, lansung aja.. Berikut makhluk2 air tawar terfavorit (versi ane):

1. Golden Chinese Alga Eater
Spoilerfor "Gyrinocheilus aymonieri":



Tukang bersih-bersih lumut yg membandel di dalam aquarium agan-agan. Sebenarnya ada beberapa jenis ikan air tawar yang bisa menggantikan peran si Golden Chinese Alga Eater ini, seperti Otocinclus, Siamese Algae Eater, Udang Amano, Keong Terompet Malaysia, dll.
Dari segi penampilan ini adalah alga eater favorit ane, warnanya lebih kearah cream dan biasanya semakin putih dibagian bawah badan ikan. Namun banyak yang bilang bahwa kemampuannya bersih-bersih masih kalah canggih sama Otocinclus, selain itu saat semakin dewasa dia juga relatif akan semakin kehilangan sifat alga eaternya dan cenderung menjadi cukup agresif.


2. Guppy
Spoilerfor "Poecilia reticulata":



Si Ikan kecil yang memiliki ekor menyerupai kipas atau sayap Superman ini (mirip apalah lo sebut itu terserah) sangat mudah mengambil hati para insan manusia yang melihatnya. Saat berenang, ekor ikan ini bakal berkibar-kibar dengan indah, bahkan lebih menakjubkan dari kibaran efek CG sayap Superman di film Man of Steel.
Variasi warna juga menjadi daya tarik tersendiri dari ikan ini, Sayang karakter cinta damai ikan ini kadang justru sering membuat Guppy menjadi bahan "bully" oleh ikan-ikan lain yang lebih besar dan agresif. Dalam memelihara Guppy, Agan harus cermat dalam memilih teman sekamar ikan tersebut, atau ekornya yang cantik tadi dijamin bakal ludes layaknya sayap Superman setelah bertempur melawan Doomsday.



3. Neon Tetra
Spoilerfor "Paracheirodon innesi":



Buat Agan yang suka glowing-glowing in the dark ini dia nih ikan air tawar yang paling recommended. Namun perlu diingat, bahwa mekanisme menyala Neon Tetra bukan "glowing in the dark" dalam arti yang sebenarnya seperti mekanisme "glowing in the dark" jarum penunjuk waktu jam tangan Luminox Agan-Agan.
Sesungguhnya justru garis tubuh Neon Tetra dapat menyala ketika memantulkan cahaya. Untuk mendapatkan hasil cahaya yang optimal, ada baiknya agan mengatur lampu hias akurarium sedemikan rupa agar cahaya mengarah dari arah depan aquarium ke tubuh ikan, sehingga seterusnya cahaya dapat memantul sempurna dari garis tubuh ikan ini menuju ke arah pandang Agan. Latar belakang yang gelap juga membantu agar ikan ini semakin terlihat bercahaya, terang setia menemani agan tidur layaknya bintang di malam hari.


4. Black Ghost
Spoilerfor "Apteronotus albifrons":



Buat Agan-Agan pecinta film-film karya Tim Burton yang konon penuh dengan nuansa "dark and gritty", kayanya ikan ini cocok buat jadi peliharaan di kamar kos Agan. Warna hitam dengan tubuh menyerupai jubah yang melambai-lambai membuat kesan misterius dari "Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street" dan gothic dari "The Nightmare Before Christmas" melekat kuat dalam diri ikan ini.
Tidak seperti tongkrongannya yang seperti hantu, justru sebenarnya ikan ini memiliki sifat yang cinta damai dan ramah terhadap warga sekitar. Ikan ini juga termasuk dalam spesies yang memiliki pola tidur "nocturnal", jadi pastikan Agan memberikan makan dengan porsi yang sedikit lebih banyak sesaat sebelum Agan tidur di malam hari.


5. Clarkii Crayfish (Marlboro Red)
Spoilerfor "Procambus Clarkii":


Ini dia nih favorit ane. Berparas gahar, bercapit kekar, berwarna merah terang, dan bikin ane lapar ditengah malam. Memang warnanya yang merah terang ini membuatnya terlihat seperti udang galah bumbu balado. Siapapun yang melihatnya ditengah malam akan kesulitan tidur karena perasaan lapar. Lobster air tawar atau biasa disebut crayfish jenis ini memang biasanya lebih ditunjukan untuk komoditas crayfish hias karena pertumbuhannya yg relatif lambat dibanding crayfish jenis konsumsi seperti "cherax".
Meskipun bentuk fisik dan perilakunya menarik untuk dilihat, namun perlu diingat bahwa selama ada ikan lain yang cukup lamban dan sesuai dengan ukuran capit si Clarkii, maka hampir 100% makhluk ini akan memakan korban. Untuk kebutuhan hias juga tidak direkomendasikan untuk menaruh lebih dari satu crayfish dalam satu akuarium, karena mereka doyan tarung . Selain itu, crayfish juga secara berkala melakukan proses ganti kulit selama masa hidup mereka. Pada masa itulah biasanya seekor crayfish akan menjadi mangsa empuk bagi crayfish lainnya.


6. Manfish Albino
Spoilerfor "Pterophyllum Scalare":



Capek gue ngetiknya, googling sendiri aja sana kalo mau tau! Yang jelas cakep bener emang ini ikan. Selain Manfish, biasanya makhluk ini sering disebut Angelfish juga. Tapi waktu googling jangan sampe ketuker sama Angelfish Air Laut, soalnya beda lagi, sekeluarga juga kaga. Jadi jangan lupa tambahin embel-embel "freshwater" di keyword Agan.


7. Discus
Spoilerfor "Symphysodon discus":



Sama kaya yang diatas, tangan ane capek udah buat ngetik deskripsi tentang ini ikan.
Yang jelas:
1. Mayoritas jadi favorit orang2 diantara ikan2 hias air tawar lainnya
2. Harganya relatif mahal (terutama bagi yang kere)
3. Warna-warni kaya crayon
4. Masih famili "Cichlidae", sama seperti Manfish. Sehingga ikan ini memiliki karakter "sayang anak" alias sensian bener sama ikan lain kalo lagi bertelur.


Oke Gan, iseng-iseng jadi deh udah akhirnya thread pertama ane.
Mohon "Rate and Comment" dari Agan2 semua apabila bermanfaat. Kalo sekiranya engga bermanfaat ya anggep aja bermanfaat, terus "Rate and Comment" juga biar rame. Kasih ane cendol malah kalo perlu..

Thx Gan..
Salam Kaskusers...

SOURCE: www.kaskus.co.id

0 komeng:

Posting Komentar