Pengusaha Vs. Pekerja

JADI HT?
MIMPI APA YAH SEMALEM
MAKASIH KASKUSER, MOMOD, MIMIN, OPISER, DKK.




WARNING!!!!
MEMBACA THREAD INI SETENGAH-SETENGAH, HANYA AKAN MEMBUAT DARAH DI KEPALA ANDA MENDIDIH, JANTUNG BERDEGUP KENCANG, MATA MELOTOT, DAHI NYURENG, NGAMUK-NGAMUK PENGEN BURU-BURU POSTING MENYANGGAH

BACALAH SESUAI DOSIS
(SELURUHNYA, POST INI JUGA DIBACA JANGAN LUPA!! ),
BIAR KEPALA DAN HATI JADI ADEM



TUJUAN THREAD INI DIBUAT ADALAH
UNTUK MENYEMANGATI AGAN2 YANG PEKERJA/BELUM BEKERJA INGIN BERALIH JADI PENGUSAHA/WIRAUSAHAWAN
TAPI MASIH TAKUT!!

DAN JUGA MEMBAHAS KEUNTUNGAN2 JADI PENGUSAHA/WIRAUSAHAWAN/ENTREPRENEUR


Jadi ijo
Makasih ya agan-sista, semoga cendol2 agan-sista diganti lebih banyak



Keluh kesah Pekerja
http://kask.us/g92gg


Yang masih ragu/ga percaya/takut sama postingan ane, film ini bisa menambah referensi
Film tentang pengusaha muda Thailand yang sangat inspiratif (based on true story)
Terbukti, point nomor 12 bener. Ya, nggak? hehehe

Download
Subtitle Indo
Sumber : http://kask.us/hb84s

Quote:Original Posted By AfterNyubi ?
ceritanya aneh2 banget tapi nyata

Quote:Original Posted By MyNameIsMoz ?
bener banget

Quote:Original Posted By adith24plp ?
ngakak uye gan....

Quote:Original Posted By PaladinBlake ?
Anjrit...nyata banget nih terutama komik memenya...

Quote:Original Posted By c0m0do ?
itu gmbar"nya bkin mulut ksleo mnginspirasi gan

Quote:Original Posted By ronsan ?
ane jg wirausahawan gan kurang cocok jadi pekerja
kebanyakan bener nya gan itu

Quote:Original Posted By alienkaskus ?
kocak gan
Quote:Original Posted By piaupiaupiau ?
JiakakakakaK
Bisa aja nih om TS
Quote:Original Posted By ImronMaulidi ?
ada2 aja lu

Quote:Original Posted By BaJoeLstore ?
Ada2 aja TS nih

Quote:Original Posted By daDoh_odx ?
trit nya unik gan..
perang pengusaha sm pekerjanya koplaaak tapi ngena !!

Quote:Original Posted By forbiddenaccess ?


ngakak ane bacanya gans,, walau pertama ane males liat thread ente yang panjangnya seabrek-abrek. tapi ane gak nyesel jadi bisa ketawa". hahha

btw, ane juga setuju sm jln pikiran ente. krna skrg ane juga udh mulai buka lapak sendiri.


Quote:Original Posted By qichizz ?
baca dari atas mpe bawah asli ngakak nampol
alhamdulillah ane dah resign n mulai usaha gan..thanks motivasi santainya

Quote:Original Posted By soldierzer ?
Ane ngajak bacanya ,terhibur
Begitulah Nasib klo krja sama orang : brangkat n pulang kerja sudah terjadwal

Quote:Original Posted By juev ?
Wahhh kasiann bangett yahh pekerja




Ane mau sharing nih, bukan menggurui, ingat... SHARING-MENYHARING (alias saling berbagi , kalo ada pendapat, saran, kritik, koreksi, ya monggo tulis di sini ).

Di antara keluarga ane, kayaknya cuma ane yang menentang untuk jadi pekerja. Kakak-kakak dan keluarga ane yang lain kerja di bank, swasta, BUMN, dsb.

Trus ane mikir2, apa enaknya dan ga enaknya sih jadi pengusaha?

Kata orang2 terdahulu, pintu rezeki Pengusaha itu ada 9 dari 10 pintu rezeki. Kenapa? Ane share pengalaman ane dulu ya.... (di bawah ini cuma ilustrasi )

1. Saat kita butuh uang secara mendadak.

Spoilerfor :

Seorang pengusaha akan lebih dipercaya ketimbang pekerja oleh temen2nya yang mau kasih pinjem uang.
Kenapa? Umumnya pengusaha itu duitnya Senin-Minggu ada terus (yah entah omset, entah profit, entah duit orang, entah duit jin ). Kalo pekerja butuh uang, UMUMNYA nunggu dia gajian dulu, baru bisa bayar utang (hayooo ngaku deh, ya kan?). INGET!!! UMUMNYA (TIDAK SEMUANYA)!!!
--------------------Pengusaha--------------------




--------------------Pekerja--------------------


----- Kenapa Pekerja lebih diragukan saat terdesak? Karena kreditur tau takaran/kemampuan/pendapatan Pekerja, udah bisa dikira-kira. Kalo Pengusaha? Tinggal bilang pinjem modal buat pembangunan monorail, mereka juga manggut2 percaya aja tuh -----


2. Saat ada kesempatan emas yang datangnya 5 juta tahun sekali, yang ditawarin pasti PENGUSAHA DULUAN, dibanding Pekerja.
Spoilerfor :

--------------------Pengusaha--------------------




--------------------Pekerja--------------------


---- Kesempatan hilang toh? Karena Investor 90% ga akan melirik Pekerja, tapi melirik Pengusaha. Coba bayangin kalo itu proyek senilai 1T? ----


3. Saat ketemu klien baru, dan klien tau kalo kita itu owner/pemilik. Pasti!!! TAWARAN BISNIS terlontar dari mulut klien (kalo nggak, berarti mata kuliah SSI - Speak Speak Iblis - agan belum lulus, ato ga agan terlalu kaku untuk ditawarin bisnis ).
Spoilerfor :

--------------------Pengusaha--------------------




--------------------Pekerja--------------------


---- topik pembicaraan seringkali habis di situ -----


4. Saat agan ke rumah/kantor klien, dan cipika cipiki ngobrol ngelantur sana sini. Ternyata temennya klien agan, temen agan juga (alias mutual friend ).
Spoilerfor :

--------------------Pengusaha--------------------




--------------------Pekerja--------------------


----- Hehehehe ------


5. Sesama Pengusaha selalu memberi ide-ide menarik, energi positif dan sharing2 yang kreatif, jadi kalo gathering, wih seru....
Spoilerfor :

--------------------Pengusaha--------------------




--------------------Pekerja--------------------


----- Gitu ga sih obrolan agan2 kalo ketemu di kantin / tempat2 umum? Keliatan kan energi negatif dan positif nya? -----


6. Saat kerja di perusahaan pelit, para Pekerja cuma bisa gigit jari ngeliat profit perusahaan miliyaran tapi gaji Pekerja cuma juta-an. Sementara si Boss (Pengusaha) lagi kipas2 angkat kaki nikmatin milyaran
Spoilerfor :


----- Nyesek pas ngeliat bini ane dulu kerja di perusahaan swasta, profit tahunan PT. tsb ratusan miliar, tapi gaji bini ane cuma 0.0000sekian persen -----


7. Saat sakit, temen-temen Pengusaha lebih aware ketimbang temen2 Pekerja.
Spoilerfor :

--------------------Pengusaha--------------------



--------------------Pekerja--------------------

----- karena mereka lebih fleksibel waktunya dan punya ikatan kekerabatan yang cukup erat (umumnya) -----


8. Kebebasan waktu/fleksibel.
Spoilerfor :

--------------------Pengusaha--------------------



--------------------Pekerja--------------------

----- ga percaya? wong ane ngalamin sendiri -----


9. Kebebasan Ekspresi.
Spoilerfor :

----- iya dong, kan kita pemilik, mau ngapain aja bebas -----


10. Cerita di Hari Tua. (tambahan)
Spoilerfor :

--------------------Pengusaha--------------------



--------------------Pekerja--------------------

----- ini moment yang paling ditunggu-tunggu, basi kan kalo pas kumpul keluarga, papa mama kita cuma nyeritain yang ituuu itu aja. beda kalo kita jadi wirausahawan, hampir setiap hari ketemu buyer / klien / customer yang karakternya beda2 dan penuh pengalaman mengejutkan . Bukti? Ayah ane dan Oom Oom ane buktinya. Oom ane yang pengusaha, selalu ane nanti2 cerita2 dari beliau, tapi kalo cerita dari Ayah dan Oom2 ane yang lain, ane dah denger puluhan kali cerita yang sama (sorry ya, gan, ane dah pernah bahas ke Ayah ane duluuuuu banget, dan Ayah ane cuma ketawa2 sambil nepok2 pundak ane sambil berujar "bagusssss bagussss, emang anak itu harus lebih maju daripada bapaknya" yah namanya juga masih cetek pikiran ane, jadi asal jeplak aja walopun terkesan ga menghormati, tapi Ayah ane fine-fine aja, KENYATAAN emang PAHIT, tapi OBAT YANG MANJUR YA OBAT YANG PAHIT - kecuali obat syrup kali ya ).-----


11. Efisiensi Waktu - Tempat Kerja Jauh Dari Rumah (tambahan, lagi)
Spoilerfor :

--------------------Pengusaha--------------------


--------------------Pekerja--------------------

----- coba berhitung, dari waktu 24 jam kita, rata2 +5 jam kita di perjalanan menuju tempat kerja dan pulang ke rumah (untuk yang tinggal di kota sebelah dan kerja di tengah kota, ya). 5 jam x 365 hari x 40 tahun (anggap aja pensiun) = 73.000 jam atau 5 tahun agan di jalanan (cuma itungan kasar loh) -----


12. Saat mengajukan pinjaman ke Bank.
Spoilerfor :

--------------------Pengusaha--------------------


--------------------Pekerja--------------------


Ga percaya? Tanya temen2 ato keluarga. Apalagi kalo ada yang kerja di bank sebagai marketing / Account Officer.

Kurang bukti? Yuk liat Ny. Susi pemilik Susi Air, bisa minjem duit ke bank senilai puluhan miliar untuk beli pesawat pengangkut udang.

Pekerja / Karyawan? Bisa aja, tapi SULIT atau nominalnya beda dengan mereka

*Perlu diingat, ane akui, susah sekali pinjem uang ke bank saat wirausahawan masih ngerintis atau baru mulai usaha, karena blm ada track record/track record masih belum memenuhi standard bank.


SEBELUM NGAMUK-NGAMUK, TOLONG DIBACA YANG DI BAWAH INI!!
Spoilerfor :
* ANE BUKAN MENDISKREDITKAN PEKERJA!!Pengusaha, awalnya juga pekerja. Ane juga dulunya pekerja di perusahaan swasta asing dan domestik. Yang ane mau sharing, emang mau jadi pekerja sampe mati? Emang agan ga mau kaya? Emang ga punya cita-cita setinggi langit? Emang ga punya niat bikin tempat ibadah? Emang ga mau punya ke-fleksibel-an waktu? Emang ga mau dekat dengan anak-anak dan istri serta orang tua? Emang ga mau punya mobil sport? Motor sport? Kolam renang di rumah? JANGAN MUNAFIK GAN , kita semua punya cita-cita setinggi langit. Tinggal bagaimana cara kita meraihnya aja, dan umumnya lebih mudah diraih kalo lewat jalur Pengusaha .

* EMANG ADA ORANG KAYA DUNIA ITU POSISINYA GENERAL MANAGER? ATAU DISTRICT MANAGER? Yang ada cuma PENGUSAHA.WONG GM/DIRUT-NYA AJA BUKA USAHA SENDIRI BEGITU DAH MANTAP DAN YAKIN. GA PERCAYA? CEK http://kask.us/hcdv2 (Wishnutama Direktur Trans 7 dan Trans TV hengkang dan bikin stasiun TV sendiri - Net TV). Tanya kenapa?

* KENAPA PENGUSAHA DI INDONESIA DIKIT? KARENA GA BERNYALI!! TAKUT!! MENTALNYA TIPIS!! NYARI AMAN!! Maap ane agak kasar, tapi serius deh, keluarga ane itu boleh ane bilang "penakut" untuk berbisnis dan berwirausaha (dalam arti, kalah sedikit udah putar balik). Kalo bukan ane, siapa lagi yang mau jadi pengusaha di garis keluarga ane?

* KALO BUKAN ENTE YANG MULAI, ITU NANTINYA GLODOK, HARCO, PASAR BARU, TANAH ABANG, DLL, ISINYA BARANG NEGERI PANDA SEMUA!!

* DAN OTAK AGAN GA TERLATIH BUAT KREATIF!! KARENA TIAP HARI CUMA KERJA RUTIN ALIAS STATIS!! BISA DIBAYANGIN 50 TAHUN LAGI, ENTE CUMA JADI PEKERJA ALIAS BURUH ALIAS KULI ALIAS TUKANG. WALOPUN DI MEJA AGAN TERTULIS "GENERAL MANAGER", TETEP AJA AGAN ITU P E K E R J A. BOSS NYA SIAPA? YA ORANG2 ASING. ENTE? KULI. ANE ULANG.... K U L I S A M P A I M A T I . Kalo 250 juta manusia Indonesia berpikiran kaya gitu? Tamat sudah, dibeli bangsa asing negeri ini (beruntung kita masih punya Chairul Tanjung, Ciputra, dkk. yang bukan ngejual aset2nya, malah beli aset2 luar jadi milik putra bangsa kita. Ex : Carrefour, Wendy's, dll.).

* Ngeluh gaji cekak, capek kerja berangkat gelap, pulang gelap, anak udah terlelap, saat konflik sama anak istri, bapaknya khilap, anaknya kalap gara2 kurang komunikasi.
* Saat di top management, yang stress itu ya Pekerja (misal CEO atau DM atau GM), owner cuma buat janji sama klien, main golf, pergi dari hotel A ke B. Urusan kantor, biar GM yang ngurus .
* Ngeliat rumah tetangga gede2 banget, pilarnya tinggi2, pas ngeliat rumah sendiri, miris. Istri nuntut pengen rumah kaya gitu. Pas ngobrol sama tetangga, "lo kerja apa?", dijawab "gwe usaha, di Cibitung punya pabrik ember 24 karat" (yah ini mah boss baru gua, seangkatan sama gue waktu kuliah) .
* Ane berani bilang kaya gini, coz hampir 90% klien ane adalah pengusaha tangguh dan udah di zona aman untuk bergerak melebarkan sayap atau ngapain aja (tetap, mereka dulunya kerja, untuk nyari pengalaman, bentuk pola pikir, cari celah, dll.).
* Kegiatan ane, ke rumah klien yang rata2 pengusaha/wirausahawan top, diajak main, atau sekedar sharing, atau mereka yang klaim tentang produk dan jasa yang ane berikan sambil ngobrol2 (ya dari sekedar buyer-seller, jadi relasi, enak toh?).
* Mereka punya waktu yang fleksibel, yang umumnya "GAK REWEL", soalnya mereka pernah ngalamin pahit getirnya saat memulai usaha. Mungkin gak seperti kebanyakan orang yang baru punya duit, jabatan & kekuasaan dikit aja, langsung bergaya miliarder + militer (maksudnya tegas & galak + bikin gemeter kalo ketemu). TRUE STORY, LOOK YOUR NEIGHBOUR.

Sekali lagi agan, mohon maaf bukan ane MENJELEKKAN PEKERJA (coz dulu ane juga pekerja kok).
Tapi sedikit ngasih gambaran kepada Pekerja, kalo kenyataan yang terjadi di lapangan ya umumnya seperti itu (betul kan? iya deh, ngaku aja... bener kan? ).


GOOO WIRAUSAHAWAN WIRAUSAHAWATI PENGUSAHA ENTREPRENEUR!!!!


Quote:Original Posted By mermanarts ?
wirausaha itu menurut ane mental, dan seorang wirausahawan itu memberi nilai tambah

mahasiswa yang kerja di minimarket buat bayar kuliah atau sekedar ingin mandiri dan meringankan beban orang tua menurut ane dia punya mental wirausaha.

karyawan yang rajin, yang semangat kerja, ga pernah ngeluh bahkan memberi nilai tambah bagi perusahaanya menurut ane dia juga punya mental wirausaha.

mantap! kalo mentalnya dah kaya gitu, mau jadi pekerja atau pengusaha, enjoy aja.
ditambah lagi kalo mereka itu mau berwirausaha, lebih mantap lagi

SOURCE: www.kaskus.co.id

0 komeng:

Posting Komentar