10 Tukang Jualan yang Mulai Jarang Ditemui



sebelumnya ane minta maaf semisal repost gan
Quote:

nih gan langsung mulai aja ya

1
Tukang Abu Gosok

Quote:
Sekarang, judulnya aja tukang abu gosok, tapi jika kita ingin membeli abu gosok mereka jarang yang bawa abu gosok. Mereka lebih ke arah tukang beli barang bekas seperti koran bekas, aki bekas, besi bekas, barang bekas, dan sebagainya. Nanti kalau butuh, mereka akan mengambil barang-barang bekas yang kita kumpulkan. menyortirnya lalu nanti menafsir harganya. Jika kita setuju dengan harga penawaran mereka untuk membeli semua barang-barang bekas yang kita kumpulkan itu, maka barang-barang bekas itu akan diambil dan kita dapat duit pengganti.
Terus, gimana kalau mau beli abu gosok? Ya harus ke pasar! Mereka udah gak jual abu gosok lagi sekarang.


2
Tukang Jagung Grontol

Quote:
Jiyaaahhh... ini masakan tradisional yang aku sukaaaaaaaaaaa banget. Bahkan, menurutku ini jauh lebih enak ketimbang jagung manis yang di mall-mall itu (jagung kukus yang dikudap setelah dia ditaburi keju, diberi susu kental manis). Penampakannya amat sederhana, jagung diberi taburan kelapa parut, lalu ditaburi gula pasir. Rasanya.... Yummyyy.
Sayangnya tukang jagung sekarang cuma lewat sekali aja, pagi doang. Dia kalah saing dengan jagung manis yang di mall-mall. Padahal menurutku sih lebih enak yang ini.


3
Tukang Binatu Keliling

Quote:
Modalnya cuma baca ember, sikat baju dan pewarna pakaian. Buat apa peralatan mereka itu? Fungsinya, jika ada pakaian yang kena noda dan noda itu tidak mau hilang meski sudah dicuci dan diberi sabun yang katanya bisa menghilangkan noda bandel sekalipun. Nah, nanti pakaian itu akan diwarnai sesuai dengan warna si noda bandel itu. Jadi, misalnya bajunya warna putih, kena noda warna merah, ya udah sekalian deh bajunya diganti jadi warna merah semua. Nah, nodanya gak terlihat lagi kan? Kan sudah berubah jadi warna noda semua... heheheh, clever idea, isn't it?
Nah, sejak ada jasa tukang gosok dan setrika kiloan, dimana kita tinggal ngarungin (masukin ke dalam karung atau kantong besar) cucian kita terus si tukang cuci/setrika kiloan datang ke rumah buat ambil buntelan pakaian kita, ditimbang pake kiloan mereka terus membawa pergi buntelan cucian kita maka tukang binatu keliling ini pun mulai menghilang. Dulu sesekali dia lewat dan ada yang memakai jasanya untuk bersihin karpet, tapi sejak ada laundry karpet ya kalah saing juga akhirnya.


4
Tukang Kasur Kapuk

Quote:
Siapa yang di rumahnya masih memakai kasur dari kapuk? Sepertinya, sekarang lebih banyak yang memakai kasur spring bed deh. Dan seiring dengan berkembangnya pemakaian kasur spring bed pun maka tukang kasur kapuk pun jarang terlihat.


5
Tukang Minyak Tanah

Quote:
Terakhir aku melihatnya ketika peralihan dari kompor minyak tanah ke kompor gas dengan menggunakan tabung gas 3 kilogram di jaman pemerintahan wakil presiden Yusuf Kalla (presidennya Susilo Bambang Yudhoyono). Nah, sejak konversi dari minyak tanah ke gas maka tukang minyak tanah pun mulai menghilang.


6
Tukang Poles Keramik Keliling

Quote:
Saking susahnya, aku sendiri sekarang sudah sulit mencari foto mereka atau bertemu mereka. Ini tukang waktu aku masih kecil sering aku lihat keliling kampung dengan membawa ember, kuas, cairan pelicin keramik, dan pemutih keramik. Nah, nanti jika kita ingin menyewa jasa mereka maka mereka akan menghitung luas lantai dan memberi taksiran harga. Lalu mulailah lantai keramik kita mereka bersihkan. Nanti jika sudah selesai lantai jadi licin, berkilat dan bening. Duh. Hati-hati terpeleset.


7
Tukang Rujak Bebeg

Quote:
Siapa yang pernah merasakan rugak Bebeg? Ini adalah rujak yang terdiri dari aneka buah mentah seperti pala, jambu, bangkoang, ubi jalar, kedondong yang diiris lalu ditumbuk jadi satu semuanya. Jika mau pedas akan diberi cabe. Semuanya mentah dan hancur-hancur kering gitu. Enak. Dikudap di atas mangkuk kecil sebesar telapak tangan yang terbuat dari daun pisang yang dilipat. Dalam perkembangannya, sekarang daun pisang sudah diganti jadi plastik.


8
Tukang Es Goyang

Quote:
Ini tukang yang sudah aku temui sejak jaman aku masih kecil (di bangku TK). Gerobaknya unik, dan si tukang harus selalu menggoyang gerobaknya naik turun agar esnya tidak mencair. Gak ngerti kenapa harus gitu. Bentuk esnya lurus biasa, ada stik untuk memegang esnya. Esnya ada tiga pilihan: es kacang hijau atau es kacang merah atau es kacang hitam.


9
Tukang Balon Gas

Quote:
Nah ini dia. Tahu gak, setiap tahun, setiap hari raya, maka benda yang biasanya selalu dibeli itu ya balon gas setelah selesai shalat Ied. Senang saja melihat balon-balon gas tersebut. Tapi, sekarang tukang balon gasnya sudah gak pake balon gas dari karet yang ditiup hingga melar lagi. Tapi mereka sekarang menjual balon plastik dengan aneka bentuk dan warna warni.
Jadi, kalau mau nyanyi Balonku ada lima-rupa rupa warnanya-hijau kuning kelabu merah muda dan biru-meletus balon hijau-DOOR- hatiku sangat kacau-balonku tinggal empat-kupegang erat-erat, sepertinya sudah mulai susah deh. Karena sekarang bentuk balon udah besar-besar dan warna warni dan beli satu aja mahal ngapain beli lima?


10
Tukang Patri

Quote:
Yaitu tukang yang bisa nambal panci yang bolong dengan menggunakan timah dan alunimium yang ditempel di atas lubang di panci lali direkatkan dengan cara dibakar.
Sayangnya nih, mulai susah dicari. Kenapa? Tanya punya tanya ternyata karena sekarang orang lebih suka beli panci baru aja karena sekarang panci-panci buatan CHina harganya murah-murah banget. Bahkan ada panci ukuran kecil yang harganya cuma Rp10.000!!! Emang sih gak awet, paling dua tahun bolong tapi kan bisa beli lagi dengan harga semurah itu? Akhirnya, tukang patri pun tersingkir.


Quote:update dari agan agan


Quote:Original Posted By firstring ?
tukang sol sepatu mana gan..



Quote:Original Posted By Bang.Pinem ?
tukang tape keliling jugak gan..


Quote:Original Posted By blu3boy ?
kalo tukang kasur sama balon gas deket tempat ane tinggal masih lumayan sering gan..
yang lainnya emang jarang sih.

ane tambahin 1 yaa..

TUKANG BONEKA KELILING





Quote:Original Posted By jojov ?
Tambahin tukang bubur sumsum gan



Quote:Original Posted By tommiy ?
klo ane di karawang masih bnyk tukang sol, jagung grontol, rujak bebek, bubur sumsum..
menurut ane malah yg ilang tu tukang servis payung gan ..



Quote:Original Posted By tommiy ?
sama tukang servis dan isi ulang korek gas juga gk ada..


Quote:Original Posted By ebii.ebii ?
tukang ini juga udah jarang gan

Spoilerfor tukang ikan:


biasanya dulu waktu kecil beli terus taro di baskom atau akuarium kecil gan
buat dipelihara dulu seneng banget kalo dibeliin bokap

Quote:Original Posted By tozbro ?
tukang CENDOL KASKUS keliling kagak masuk gan, skarang udah jarang banget tuh nge PM.




taro pekiwan kl berkenan gan




Quote:Original Posted By arikrik ?
tukang gorden gan



Quote:Original Posted By M.restu ?
tukang gameboy juga udah jarang gan soalnnya anak kecil jaman sekarang mainnya ps hahahaha




Quote:Original Posted By psychotic67 ?
Tukang cukur keliling ga dimasukin jg gan?
Waktu kecil ane suka dicukur sama tukang cukur keliling
Model rambutnya cepak ngehe


Quote:Original Posted By dorintez ?
tukang mainan keliling juga udah jarang gan...
Spoilerfor tukang mainan:


Quote:Original Posted By freldum ?
yang ini udah ngga ada gan :

kang timbang badan


Quote:Original Posted By JazzyDee10 ?
ane tambahin gan


tukang manisan gulali, biasa gulalinya disebut rambut nenek



tukang gulali, ane waktu kecil suka beli

kalo berkenan pejwan ya gan


Spoilerfor pict:



Quote:Sumber

gimana gan? pada kangen ga sama tukang tukang diatas?
silakan buat agan agan yang mau nambahin
mudah mudahan bermanfaat ya gan

Quote:ga nolak



Quote:jangan


Quote:kaskuser yang baik selalu meninggalkan jejak

SOURCE: www.kaskus.co.id

0 komeng:

Posting Komentar